oleh

Pembangunan Pabrik Feronikel Masuk Fase Konstruksi

PT Aneka Tambang Tbk menyatakan Proyek Pembangunan Pabrik Feronikel Haltim (P3FH) di Halmahera Timur telah memasuki fase konstruksi fisik. Di mana pemancangan tiang pancang perdana telah dilaksanakan pada 25 April 2017.

Hal itu dikatakan Sekretaris Perusahaan Antam, Aprilandi Hidayat Setia dalam pemaparan atau Public Expose Marathon 2017 di Jakarta, Senin (7/8/2017).

Dia mengatakan proyek pembangunan pabrik feronikel itu memiliki kapasitas produksi feronikel sebesar 13.500 ton nikel dalam feronikel (TNi) per tahun. “Direncanakan konstruksi ini selesai pada 2018,” katanya.

Aprilandi menambahkan, hilirisasi komoditas bauksit tersebut, pihaknya saat ini masih berfokus pada rencana pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery atau SGAR yang bekerja sama dengan PT Inalum (Persero), dengan kapasitas sekitar satu juta ton SGA per tahun untuk tahap pertama.

Melalui pengoperasian SGAR, ANTAM dapat mengolah cadangan bauksit yang dimiliki menjadi alumina sehingga Inalum akan memperoleh pasokan bahan baku aluminium dari dalam negeri dan mengurangi ketergantungan terhadap impor alumina,” sambungnya.

Pada komoditas emas, ia juga menyampaikan bahwa proyek strategis Antam adalah proyek Anode Slime dan Precious Metal Refinery. Saat ini sedang dilakukan tes metalurgi dan diskusi Ianjutan antara Antam, PT Smelting, dan PT Freeport Indonesia setelah nota kesepahaman ditandatangani.

Sumber: Republika

Bagikan Kabar Anda

Komentar