oleh

Pemprov Malut Imbau Warga Tetap Pakai Masker Selama Corona

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Kemenko PMK RI, menggelar kegiatan kampanye penggunaan masker serta pembagian masker, di Landmark, kawasan Jalan Pahlawan Revolusi, Kecamatan Ternate Tengah, Minggu 22 November 2020.

Kegiatan sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang turut hadir dalam giat tersebut.

BACA JUGA

Data Sebaran Pasien Corona di Ternate per 20 November

Utusan Kafilah Maluku Utara ke MTQ Nasional di Padang Dapat Juara

Gubernur Maluku Utara yang diwakili Asisten II, Umar Sangadji menyampaikan, apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini karena memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya penggunaan masker dalam memutus rantai penyebaran virus corona.

“Pandemi Covid-19 memang belum usai, tentu saja untuk melewatinya bukanlah suatu yang mudah, apalagi hal ini sangat berdampak terhadap seluruh sistem kehidupan masyarakat. Adanya pandemi ini tentunya memberikan kita pelajaran bahwa ternyata kesehatan itu sangat penting bagi diri kita,” ucap Umar, kala memberikan sambutan Gubernur Abdul Gani Kasuba.

Umar menyebutkan, masker sampai hari ini masih menjadi salah satu alat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Maluku Utara dan pada umumnya. Untuk itu, pihak pemprov kata dia, tidak pernah lelah memberikan sosialisasi dan pemahaman ke masyarakat tentang penting nya menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menjaga imun.

“Penerapan 4 M ini dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar,” lanjutnya.

Gubernur Abdul Gani Kasuba, sambung Umar, berharap dengan pelaksanaan kegiatan yang dihelat Kemenko PMK ini dapat membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan, serta dapat membantu memutus rantai penyebaran virus tersebut.

Deputi II Koordinasi Bidang Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK, Mayor Jenderal TNI (Purn) Dody Usodo HGS dalam sambutannya mengingatkan, sejak tanggal 24 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo telah memberikan arahan melalui rapat terbatas tentang penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Ia menyebutkan, ada empat arahan yang disampaikan presiden.

“Salah satunya adalah bagi masker dan ajak pakai masker. Sebelum ada vaksin, kuncinya yang paling penting adalah kepatuhan terhadap protokol kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, ia berharap aparatur pemerintah mulai dari level pusat sampai daerah dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat senantiasa disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan, sehingga terciptanya kedisiplinan individu maupun kelompok.

Kegiatan kampanye pembagian dan penggunaan masker ini diakhiri dengan penyerahan masker secara simbolis kepada perwakilan tokoh agama, Basarnas Kota Ternate, BPBD Malut serta perwakilan para pelajar. Pembagian masker ini dengan jumlah sebanyak 11.200 pcs. Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Dandim 1501 Ternate Inf Moch R Iskandarmanto, Kepala Pelaksana BPBD Malut Yunus Badar, dan yang mewakili Danrem 152 Babullah. (kr1) **

Apriyanto Latukau

Bagikan Kabar Anda