oleh

Perahu Motor Bermuatan 6 Ton Karam di Perairan Labuha Halmahera

Sebuah Perahu Motor dari Pelabuhan Habibie Labuha tujuan Desa Pelita, Halmahera Selatan, karam dihamtam gelombang tinggi, Senin (6/8/2018).

Informasi yang dihimpun Kieraha.com menyebutkan, Perahu Motor (PM) Teluk Pelita 05 itu tenggelam di depan Pelabuhan Habibie, perairan Labuha, Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Bodi perahu berkapasitas 6 ton itu dihantam ombak hingga terseret ke tepi pantai sekitar Tanah Abang Labuha. Beruntung, perahu motor itu belum jauh dari pelabuhan.

Tanyong, salah satu penumpang menceritakan, perahu yang ditumpanginya itu bertolak dari Pelabuhan Habibie menuju Desa Pelita. Sekitar kurang lebih 300 meter, tiba-tiba mesin perahu mogok sehingga bodi perahu berbahan kayu itu dihantam ombak hingga terseret dan tenggelam.

“Saat mogok, ombak hantam dan air masuk ke dalam kapal (PM Teluk Pelita 05) melalui bagian belakang hingga menyebabkan kapal tenggelam,” katanya.

Perahu motor tersebut memuat penumpang kurang lebih 30 orang. Lima belas di antaranya perempuan dan anak di bawah umur. Selain penumpang, menurut Tanyong, perahu motor itu juga memuat kendaraan roda dua, bahan bangunan semen dan atap seng 100 lembar, serta bahan pokok.

“Seluruh penumpang selamat. Saya dan penumpang lainnya mendapat pertolongan dari warga sekitar pelabuhan, terutama perempuan dan anak-anak,” tambahnya.

Author: Suparto Mahyudin

Editor: Redaksi

BAGIKAN