oleh

Petani Akelamo Dapat Bantuan Traktor

Pemkot Tidore Kepulauan memberikan bantuan paket alat dan mesin pertanian kepada petani Akelamo dan Pulau Tidore. Bantuan tersebut diharapkan meningkatkan produksi pertanian wilayah setempat.

“Langkah yang dilakukan pemerintah ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani,” kata Sekkot Tidore Kepulauan Thamrin Fabanyo saat disambangi usai penyerahan bantuan secara simbolis, Senin (28/8/2017).

Dia mengemukakan, bantuan tersebut terdiri dari satu unit traktor roda empat (untuk alat bajak), empat unit cultivator (pengola tanah sekunder dan penyilang rumput), dua unit mesin pemipil jagung, dan lima unit hand traktor (alat bajak yang menggerakkan mesin pompa air serta penggiling gabah).

BACA JUGA

Kisah Pasang Surut Petani Pala di Ternate

Bantuan Nelayan di Pulau Surga yang Terlupakan

“Bantuan paket Alsintan (alat dan mesin pertanian) ini secara langsung akan merubah sikap petani dari konvensional yang mengandalkan tenaga kerja manusia menjadi petani moderen dengan mekanisasi pertanian,” kata dia.

Imran Jasin, Kepala Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan, menambahkan, alokasi dana pengadaan paket tersebut menggunakan APBD dan APBN 2017.

“Nantinya seluruh Alsintan ini akan didistribusikan di sejumlah tempat yang menjadi sentra produksi pertanian, seperti Desa Akelamo yang akan menerima traktor roda empat untuk dukungan lahan padi gogo, dan Pulau Tidore yang akan menerima hand traktor untuk petani barito (bawang, rica atau cabe, dan tomat),” sambungnya.

Author: Asmul Yuben

Editor: Redaksi

BAGIKAN

Komentar