oleh

Polda dan Kajih Saling Dukung Kawal Pilgub Malut Berkualitas

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Achmat Juri menyampaikan beberapa faktor penting yang akan mempengaruhi masyarakat Maluku Utara saat suksesi pilkada 2018, salah satunya informasi yang disampaikan melalui media massa.

“Peran media massa saat ini baik cetak, elektronik maupun online sama-sama memiliki pengaruh penting. Apalagi pada saat pelaksanaan pilgub mendatang,” ujar Kapolda Maluku Utara melalui Kabid Humas AKBP Hendry Badar, Selasa (21/11/2017).

Dia mengemukakan, peran media bisa membuat suhu politik memanas menjadi tenang, dan sebaliknya. Karena adanya peran penting media itu, kata dia, sehingga Polda akan bersama-sama dengan media dalam mengawal pilgub setempat.

“Tujuannya supaya media di Maluku Utara juga bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat agar berpolitik secara baik dan benar,” sambung dia.

Untuk itu, kata Hendry, Polda akan memberikan satu pengontrolan terhadap pers di Maluku Utara yang merupakan mitranya dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat pada saat pesta demokrasi tersebut berlangsung.

BACA JUGA

Begini Nasib Penyelenggara Pemilu Kalau Bermasalah

“Kita merupakan dua sisi yang kuat untuk bisa memberikan satu perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini, sehingga masyarakat bisa lebih cerdas dalam menghadapi pilgub nantinya,” ujar Hendry.

Bahrun Anas, Ketua Komonitas Jurnalis Hukum dan Kriminal atau Kajih Maluku Utara, mengatakan upaya antisipasi Polda setempat melakukan pengawasan informasi yang disampaikan melalui media ini merupakan langkah yang patut didukung.

Pihaknya dalam waktu dekat juga melaksanakan Focus Group Discussion atau FGD terkait pelaksaan Pilgub Malut yang aman dan damai. Kegiatan itu, sambung dia, akan melibatkan Polda, Bawaslu, pakar dan para pemimpin media.

“Tujuannya supaya pelaksanaan Pilgub Maluku Utara 2018 dapat melahirkan pemimpin yang berintegritas, berkualitas, dan bermartabat,” kata dia.

“Juga FGD yang akan dilaksanakan itu dalam rangka memberantas adanya informasi hoax jelang Pilgub nanti. Ini penting karena media memainkan peran dalam menyampaikan informasi yang akurat tanpa memihak pada siapapun.”

Lelaki yang akrab disapa Kapten itu menambahkan, selain melakukan FGD, pihaknya juga akan mendata seluruh media online yang ada di daerah itu, sehingga bisa mempermudah Polda dalam memantau aktivitas media-media setempat.

Author: Khaira Ir Djailani

Editor: Redaksi

BAGIKAN

Komentar