oleh

Polisi Tertibkan Kendaraan Knalpot Racing di Ternate

Aparat Unit Pengaturan Jalan dan Lalulintas Polres Ternate, Maluku Utara, selama perayaan Natal dan tahun baru 2018 gencar melakukan penertiban kendaraan yang menggunakan knalpot racing. Sebanyak 47 unit kendaraan roda dua yang diamankan.

“Penertiban ini berjalan sejak 23 Desember, hingga sekarang (Selasa 26 Desember 2017) sudah 47 kendaraan knalpot racing yang diamankan. Sebagian besar didominasi kendaraan trail KLX,” ujar Kepala Unit Pengaturan Jalan dan Lalulintas Polres Ternate, AKP Ibrahim Mappe, kepada KIERAHA.com, Selasa (26/12/2017).

Mappe mengemukakan, penertiban kendaraan knalpot rakitan itu dilakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, khususnya di kota Ternate selama perayaan Natal hingga 1 Januari 2018. Penertiban ini sesuai instruksi Kapolda Malut Brigjen Pol Achmat Juri melalui Direktur Lalulintas AKBP Muji Ediyanto.

BACA JUGA

Kepala KSOP yang Hendak Pindah ke Kupang Kena OTT di Ternate

Mappe menambahkan, kegiatan tersebut merupakan operasi biasa yang bersasaran pada pelanggaran kasat mata selama perayaan Natal 2017 dan tahun baru 2018.

Kendaraan roda dua yang diamankan polisi

“Untuk pelanggaran knalpot racing akan ditindak sesuai prosedur hukum, namun kendaraan yang ditertibkan masih dapat diambil jika pemilik kendaraan datang dan langsung menggantikan knalpot racing dengan knalpot standar,” kata Mappe.

“Knalpot racing yang kami amankan ini akan dimusnahkan. Kami bakar dan gilas menggunakan excavator, agar knalpot ini tidak bisa dipakai lagi.”

Mappe mengemukakan, prioritas penertiban knalpot racing ini karena telah memicu kecelakaan lalulintas yang terjadi di wilayah setempat. “Knalpot racing ini orang sakit dan orang yang istirahat bisa terganggu, bahkan lakalantas ini paling tinggi karena pemicunya dari knalpot racing,” sambung dia.

Mappe berharap penertiban tersebut dapat membuat masyarakat pengguna knalpot racing taat lalu lintas. “Jangan takut kepada polisi tetapi takutlah kepada peraturan yang ada sehingga kita semua terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Mappe.

Author: Khaira Ir Djailani

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar