oleh

Pondok Pesantren Alkhairat Ternate Gelar Masa Taaruf untuk Siswa Baru

Sebanyak 346 siswa peserta didik baru mengikuti kegiatan masa taaruf Pondok Pesantren Alkhairat Kalumpang, Ternate, Selasa (16/7/2019).

Para peserta masa taaruf ini merupakan peserta didik baru yang berasal dari SD Alkhairat, MTs Alkhairat, SMP Alkhairat, MA Alkhairat, dan SMA Alkhairat.

Kepala Pondok Pesantren Alkhairat Kalumpang, Muhdi Alhadar, mengatakan kegiatan masa taaruf ini berlangsung selama tiga hari. “Ini sudah dimulai sejak Senin dan akan berakhir pada Rabu 17 Juli 2019,” ucap Muhdi.

Kegiatan bertajuk Jadilah Pelajar Sehat Hebat Karena Pendidikan dan Akhlaknya itu, menghadirkan tiga Narasumber dari Dinas Kominfo Kota Ternate, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dan Polres Ternate.

Muhdi menjelaskan, pelaksanaan masa taaruf tersebut merupakan pengenalan calon peserta didik baru terhadap lingkungan belajar yang baru.

“Supaya mereka memiliki kesiapan belajar yang baik. Mereka juga dikenalkan tentang fasilitas belajar, strategi belajar, kurikulum, tata tertib siswa, visi misi Alkhairat, kultur akademik, pendidik dan tenaga kependidikan,” ujar Muhdi.

Muhdi bilang, sekarang ini banyak orangtua yang hilang kendali terhadap anak-anak mereka, olehnya itu, lanjut Muhdi, dengan materi yang diberikan kepada peserta masa taaruf tersebut, yaitu mengenal internet pintar, aman dan sehat, mengenal barang-barang terlarang (narkotika), dan menaati rambu-rambu lalulintas.

“Biasanya masa taaruf ini dilakukan di sekolah masing-masing, namun kali ini kami melibatkan 4 sekolah yang satu naungan dengan Pondok Alkhairat, supaya mereka saling mengenal antara satu dengan yang lainnya,” kata Muhdi.

Kepala Sekolah SMP Alkhairat Kota Ternate, Mariam Yusuf menambahkan, masa taaruf siswa Madrasah masa pengenalan lingkungan sekolah ini adalah siswa baru semua yang dimulai dari SD hingga MA Alkhairat se Ternate.

“Setelah kegiatan masa taaruf ini baru akan dilanjutkan dengan proses belajar mengajar yang dimulai pada 22 Juli 2019 mendatang,” sambung Mariam.

Haryani Rajilun
Author
BAGIKAN