oleh

PT Antam Peduli Suku Tobelo Dalam di Hutan Halmahera

PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Maluku Utara menggelar bakti sosial dengan Suku Tobelo Dalam, Minggu, 1 Juli 2018.

Aksi berbagi dan peduli sesama warga sekitar perusahaan di HUT PT Antam Tbk ke 50 pada 5 Juli 2018 itu, merupakan bentuk kepedulian perusahaan PT Antam Tbk kepada masyarakat sekitar melalui program CSR pelestarian sosial budaya.

Kegiatan ini dibuka oleh Vice President CSR, HC & Finance H.I PT Antam Tbk, Ryan Sjah. Dengan rangkaian kegiatan meliputi pengobatan gratis, bantuan sembilan bahan pokok (sembako), benih kacang dan jagung, serta sumbangan pakaian layak pakai kepada 50 warga Suku Tobelo Dalam yang ada di hutan Halmahera Timur.

Foto Vice President CSR PT Antam Tbk, Ryan Sjah saat memberikan bantuan sembako kepada salah satu Tetua Suku Tobelo Dalam di Hutan Halmahera

Ryan Sjah dalam sambutannya mengatakan rangkaian HUT PT Antam yang bertajuk 50 Golden Years Golden Future itu, merupakan komitmen PT Antam Tbk peduli dan mendukung pelestarian adat dan budaya Suku Tobelo Dalam.

“Ini dilakukan mengingat warga Suku Tobelo Dalam saat ini masih sangat terbatas di semua aspek. Karena itu, perlu banyak dukungan dan bantuan pihak-pihak berwenang,” katanya seperti rilis yang ditulis, kepada Kieraha.com, Senin sore.

Melalui kegiatan ini, sambung Ryan, semoga dapat menjadi momentum untuk membangkitkan semangat dan menumbuhkan rasa kepedulian di antara sesama warga Antam.

Koordinator Kafan Ekspedisi Halil Abubakar mengatakan bakti sosial yang dilaksanakan ini telah mencatat sejarah baru. Karena kali pertama perusahaan tambang di provinsi berjuluk Negeri Kepulauan Rempah itu memberikan kontribusi langsung memenuhi kebutuhan Suku Tobelo Dalam Halmahera.

”Meski kehidupan mereka masih memprihatinkan, namun perhatian pemerintah belum menyentuh. Karena itu, kegiatan yang dilaksanakan PT Antam seperti ini dinilai sangat menyentuh kebutuhan mereka,” kata pria yang juga aktif mendampingi Suku Tobelo Dalam, di hutan Halmahera Wasile Timur itu.

Foto bersama Suku Tobelo Dalam dengan relawan Insan Antam di Hutan Halmahera

Halil berharap, kedepannya kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan perusahaan melalui kerjasama Pemda Halmahera Timur untuk memberikan kesempatan dan perhatian lebih, dalam pelestarian budaya suku Tobelo Dalam.

“Semoga kedepannya dapat rutin dijalankan dengan kerjasama pemda Halmahera Timur untuk memberikan kesempatan dan perhatian yang lebih besar khususnya dalam pelestarian budaya untuk pengembangan menjadi wisata kampung adat dan budaya Suku Tobelo Dalam,” kata Halil melanjutkan.

Kegiatan ini dihadiri para tetua suku Tobelo Dalam, Relawan Insan Antam, dan GA, ER & CSR Manager Latun. Adapun rangkaian HUT PT Antam Tbk ke 50 itu meliputi sunatan massal, baksos dan pengobatan gratis suku Tobelo Dalam, pasar murah keluarga pra sejahtera, penghargaan siswa berprestasi, cerdas cermat, Antam Goes To School, dan pengibaran bendera bawah laut serta launching Kopi Halmahera.

BAGIKAN