Privasi

Waspada Hujan Sedang dan Lebat Melanda Maluku Utara 3 Hari Kedepan

  • Bagikan
Hujan lebat yang mengguyur Ternate. (Kieraha.com)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Sultan Babullah Ternate memperkirakan tiga hari kedepan terjadi hujan sedang dan lebat melanda Maluku Utara. Prakiraan cuaca ini mulai pada 8 September 2021.

Fahmi Bachdar, Prakirawan Cuaca BMKG menyatakan, hujan dengan intensitas ini terjadi di wilayah Kabupaten Halmahera Timur, Halmahera Tengah, Pulau Taliabu, Halmahera Selatan, Halmahera Barat, serta wilayah Kota Ternate dan Tidore Kepulauan.

BACA JUGA Cara Warga Kalaodi Tidore Menjaga Pangan dan Hutan

“Ini terjadi pada pagi, siang dan malam hari,” ucapnya, kepada kieraha.com, Selasa 7 September.

Ia menyebutkan, adanya pola cuaca ini akan menyebabkan genangan air atau banjir. Bahkan kondisi tanah yang terjadi resapan air bisa menyebabkan tanah longsor.

“Biarpun hujan dengan intensitas lebat, tetapi kalau struktur tanahnya baik, susah terjadi banjir atau genangan air. Jika sebaliknya maka bisa terjadi seperti hal tersebut,” ujarnya.

Fahmi menambahkan, tinggi gelombang beberapa hari kedepan masih normal.

“Tinggi gelombang antara 0,25 meter hingga 1,25 meter di Perairan Ternate-Batangdua-Bitung, Bacan, Obi, Sula dan Taliabu. Tidak menutup kemungkinan bisa terjadi perubahan ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter jika kecepatan angin berubah,” tambahnya.

Sahrul Jabidi

  • Bagikan
Exit mobile version