Bisnis  

Penyebab Stok Ikan Tuna di Ternate Kosong

Avatar photo

Stok ikan tuna ukuran besar di kota Ternate, Maluku Utara, pada pekan kedua Januari 2018, masih mengalami kelangkaan karena tidak adanya pasokan dari nelayan.

Salbia, salah seorang pedagang ikan di Pasar Higienis, Ternate Tengah, mengatakan ikan tuna ukuran besar biasanya dipasok para nelayan dari Ternate dan Halmahera Selatan, tetapi sejak beberapa hari terakhir ini mereka tidak memasoknya.

Kondisi perairan Maluku Utara yang sedang dilanda cuaca buruk menjadi penyebab para nelayan setempat mengurung niat menangkap ikan tuna dan cakalang.

BACA JUGA  Pemda Halmahera Selatan Siapkan Mudik Gratis dari Pelabuhan Bastiong Ternate

BACA JUGA

Pasokan Daging Ayam Beku Meningkat

“Khusus untuk ikan cakalang, ada, tetapi harganya masih mahal, cakalang ukuran sedang yang normalnya paling tinggi Rp 100.000 per ekor, saat ini harganya Rp 200.000 per ekor. Begitu pula ikan cakalang ukuran kecil Rp 30.000 per ekor, kini mencapai Rp 60.000 per ekor,” ujar Salbia seperti dilansir Rabu (10/1/2018).

Walaupun harganya begitu, tetapi konsumen di Ternate tetap membelinya. Ini karena cakalang merupakan jenis ikan yang digemari warga setempat.

“Harga jenis ikan lainnya juga masih mahal, seperti komo Rp 60.000 per enam ekor dari harga normalnya Rp 20.000, dan ikan tude harganya Rp 50.000 untuk 10 ekor dari harga normal sebelumnya hanya Rp 25.000.”

BACA JUGA  Bupati Halsel Hadiri RUPS Bank Maluku di Borobudur Jakarta

Source: Delik.com