oleh

PDIP Turun Langsung Kawal Kemenangan FAM SAH di Sula

Ketua DPD PDI Perjuangan Maluku Utara, Muhammad Sinen kembali bertolak ke Sula, Selasa 15 Desember 2020. Ini dalam rangka mengawal proses rekapitulasi dari perolehan suara pasangan calon Fifian Adeningsi Mus dan M Saleh Marasabessy alias FAM SAH.

Calon petahana Wakil Walikota Tidore yang resmi menang dalam perolehan suara terbanyak di Pilkada Kota Tidore itu menyatakan, apabila ada kelompok tertentu yang sengaja mengalihkan kemenangan FAM SAH di Pilkada Kepulauan Sula maka akan berhadapan langsung dengan PDIP.

BACA JUGA

KPU Resmi Tetapkan AMAN Jilid Dua Menang Pilkada Tidore

“Saya turun ke Sula ini karena perintah dari DPP PDIP untuk mengawal kemenangan FAM SAH,” ujarnya, ketika dikonfirmasi, di kediaman AHM, di Sanana, 15 Desember.

Menurutnya, ada informasi yang masuk ke DPP PDIP bahwa Pilkada Sula masih ada gejolak dari kelompok tertentu yang akan mengalihkan kemenangan paslon nomor urut 3 itu ke pasangan calon (paslon) tertentu.

“Jadi DPP PDI Perjuangan perintahkan kawal perolehan suara FAM SAH hingga selesai. Kemenangan FAM SAH ini murni dari dukungan masyarakat yang diberikan pada saat hari pencoblosan 9 Desember,” katanya.

Ia menambahkan, jika ada calon yang tidak puas dengan hasil pleno KPU di Pilkada Sula (yang sementara berlangsung), maka bisa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi yang sudah diatur UU.

“Jadi tim hukum DPP PDI Perjuangan sudah siap mengawal kemenangan FAM SAH, bahkan jika dibawa sampai ke MK. Intinya banteng tidak lagi merumput, banteng sudah siap untuk menanduk. Jadi saya akan kawal sampai selesai pleno di KPU,” jelasnya.

Paslon FAM SAH yang diusung PDI Perjuangan, Golkar, PPP, PBB dan Partai Hanura ini berhadapan dengan dua saingannya dari pasangan incumbent alias petahana dari bupati Hendrata Thes-Umar Umabaihi (HT UMAR), dan pasangan petahana wakil bupati Zulfahri A Duwila-Ismail Umasugi (ZADI IMAM).

Data perolehan suara sementara berdasarkan penghitungan form C Hasil KWK yang ada dalam sistem informasi rekapitulasi KPU RI menunjukkan bahwa paslon FAM SAH unggul dengan perolehan 13.803 suara, disusul HT UMAR 11.853 dan ZADI IMAM 10.300 suara.

Nurhuda Duwila

Bagikan Kabar Anda

# REKOMENDASI