Anggota DPR RI Ingatkan Pemerintah dan Masyarakat Maluku Utara Waspada Virus Corona

Avatar photo
Infografis pencegahan corona. (Kieraha.com)

Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Daerah Pemilihan Maluku Utara, Alien Mus, mengajak masyarakat untuk tidak memandang remeh isu penyebaran wabah virus corona atau covid 19.

Mantan Ketua DPRD Provinsi Maluku Utara itu, mengingatkan pemerintah dan masyarakat di Maluku Utara untuk tetap waspada. Terutama dalam menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

“Kalau ada yang merasakan demam, flu disertai batuk dan sesak nafas, sampai 3 hari belum sembuh, maka sebaiknya diperiksa ke dokter,” kata Alien, di Ternate, Senin, 9 Maret 2020.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk tetap berdoa dan berikhtiar agar dijauhkan dari penyakit tersebut. “Semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT,” ucap Alien.

BACA JUGA  Warga Resah Air Kemasan Sekda Halmahera Barat Beredar di Ternate

Instruksi ke pejabat daerah

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba menyatakan, telah menginstruksikan seluruh pejabatnya untuk bekerja maksimal dalam mencegah penyebaran wabah virus corona.

“Itu kita sudah lakukan semampu kita. Saya sendiri sudah instruksikan ke mereka dan harus bekerja maksimal untuk menyelamatkan semua masyarakat yang ada ini,” kata gubernur.

Bahkan, lanjut gubernur, beberapa pintu masuk WNA dan masyarakat melalui bandar udara sudah diperketat. “Terutama yang diketahui menjadi tempat tujuan warga asing,” katanya.

Karena itu, lanjut gubernur, masyarakat diminta tidak terlalu panik dengan isu tersebut.

Sementara itu, dalam menyikapi pasien positif corona di Indonesia yang jumlahnya mulai bertambah menjadi 19 orang pada Selasa 10 Maret 2020, pemerintah di Ternate, Maluku Utara, mulai melakukan langkah-langkah dalam upaya pencegahan penyebaran virus itu.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, mengatakan berbagai upaya pencegahan yang dilakukan saat ini, seperti sosialisasi kepada masyarakat terkait penyebaran virus tersebut.

“Sosialiasi ini terus kami laksanakan sehingga masyarakat kita paham betul apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran wabah tersebut,” ucap Burhan, Selasa 10 Maret.

Menjaga imunitas tubuh

Burhan meminta, masyarakat di Kota Ternate agar tidak perlu panik, dengan terus menjaga kebersihan diri, lingkungan, dan menjaga pola makan agar imunitas tubuh selalu terjaga.

“Dengan imunitas tubuh yang baik dan tetap terjaga, maka dengan sendirinya bisa menangkal segala sumber penyakit termasuk wabah virus corona,” kata Burhan.

Burhan mengingatkan, kepada masyarakat Kota Ternate agar tidak mudah mempercayai informasi yang belum terbukti kebenarannya, dan tidak ikut menyebarkan informasi tersebut.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

“Ini supaya tidak menimbulkan kepanikan warga masyarakat lainnya,” kata Burhan.

“Masyarakat harus bijak dan menyaring semua informasi yang masuk, jangan sampai ikut terpengaruh dengan kabar atau informasi yang tidak bertanggungjawab,” tambahnya.

Irawan Lila I Zaki Nino
Author