9 Kabupaten Kota di Maluku Utara Sudah Terkonfirmasi Kasus Covid-19

Avatar photo
Ilustrasi Covid-19. (Copyright Shutterstock/Liputan6.com)

Jumlah kasus positif Covid-19 di Maluku Utara kembali meningkat, pada Rabu sore, 13 Mei 2020. Update data terbaru menyebutkan, sebaran kasus ini sudah terkonfirmasi di 9 kabupaten kota wilayah provinsi setempat.

Data rilis Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku Utara, pukul 20.27 WIT, menunjukkan, kasus positif Covid-19 di wilayah provinsi kepulauan itu mencapai 77 orang yang tersebar di 9 kabupaten kota minus Pulau Taliabu.

Tambahan kasus terbaru ini tersebar di Kota Ternate 12 orang, Halmahera Utara 3 orang, Morotai 3 orang, Halmahera Barat dua orang, Halmahera Timur satu orang, Halmahera Selatan satu orang, dan Halmahera Tengah satu orang. Tambahan ini sesuai hasil spesimen dari BTKL PP Manado 19 orang dan TCM RSUD Chasan Boesoirie 4 orang.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

Dokter Alvia Assagaf, juru bicara gugus tugas Covid-19 Maluku Utara membenarkan, adanya penambahan jumlah kasus positif Covid di wilayah Provinsi Maluku Utara, pada Rabu sore.

“Selanjutnya kasus baru ini kami sebut kasus 55 sampai dengan kasus 77,” sebut Alvia.

Ia mengemukakan, dari tambahan kasus baru tersebut sebanyak 8 orang sudah dinyatakan sembuh. Sementara 3 orang lainnya meninggal dunia sebelum hasil uji spesimen keluar.

“(Jumlah) kasus meninggal ini dengan rincian; kasus 58 meninggal tanggal 30 April 2020 di Kabupaten Halmahera Selatan, kasus 76 meninggal tanggal 12 Mei 2020 di Ternate, dan kasus 61 meninggal tanggal 13 Mei 2020 di Kabupaten Halmahera Utara,” ujar Alvia.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara
Sebaran Kasus Positif di 9 Kab Kota

Data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku Utara per 13 Mei 2020 itu menyebutkan, jumlah kasus baru dengan tambahan tersebut menjadikan kasus Covid-19 di Malut mencapai 77 orang positif. Jumlah ini bertambah 23 orang dari data sebelumnya 54 orang.

Jumlah kasus ini tersebar di wilayah Ternate 41 orang, Tidore 12 orang, Morotai 7 orang, Halmahera Utara 6 orang, Kepulauan Sula 4 orang, Halmahera Barat 3 orang, Halmahera Selatan dua orang, Halmahera Tengah satu orang, dan Halmahera Timur satu orang.