Perolehan Suara Kemenangan Paslon Pilkada Ternate di Moti dan Batangdua

  • Bagikan
Grafis DPT Pilkada Ternate. (Kieraha.com)

KPU melalui Panitia Pemilihan Kecamatan saat ini sedang menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Ternate yang dihelat 9 Desember lalu.

Oleh Bawaslu Ternate menyebutkan, proses rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat PPK itu sudah selesai sebanyak lima kecamatan, yaitu Pulau Moti, Batangdua, Hiri, Ternate Barat, dan Kecamatan Pulau Ternate.

BACA JUGA

KPUD Belum Kantongi Data Partisipasi Pemilih Pilkada Ternate

“Proses rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK ini masih tinggal tiga kecamatan yang sedang berjalan, yaitu Ternate Selatan, Ternate Tengah, dan Ternate Utara,” kata Ketua Bawaslu Kifli Sahlan, ketika dihubungi kieraha.com, lewat telepon, Sabtu sore WIT.

Perolehan Suara Paslon

Data perolehan suara berdasarkan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kecamatan yang dikantongi kieraha.com baru dua kecamatan, yaitu Moti dan Batangdua.

Dari data tersebut menunjukkan Paslon Wali Kota dan Wakil Walikota Muhammad Hasan Bay dan Asghar Saleh atau MHB GAS mendulang suara terbanyak di Pulau Moti.

Data Model D Hasil KWK KPU tingkat kecamatan itu menyebutkan, paslon MHB GAS meraih 1.087 suara, Merlisa Marsaoly dan Juhdi Taslim atau MAJU 710 suara, Tauhid Soleman dan Jasri Usman (TULUS) 580 suara, serta Yamin Tawary dan Abdullah Taher (YAMIN ADA) memperoleh 320 suara.

Rekapitulasi hasil penghitungan di PPK Kecamatan Moti ini terdapat 2.697 suara sah dan 26 suara tidak sah. Sehingga akumulasi pemilih yang mencoblos di enam kelurahan yang ada di Pulau Moti itu mencapai 2.723 suara dari total DPT Pulau Moti 3.211 pemilih.

Adanya partisipasi pemilih itu maka terdapat 488 orang yang diketahui tidak memilih.

MAJU Unggul di Batangdua

Sementara itu untuk Paslon MAJU memperoleh suara terbanyak hasil pemilu di Kecamatan Pulau Batangdua 663 suara, disusul Paslon MHB GAS 538 suara, TULUS 297 suara, dan Yamin ADA 118 suara.

Perolehan suara hasil pemilihan di Pulau Batangdua ini dilansir kieraha.com dalam portal Sirekap KPU yang diupload sesuai hasil di TPS menggunakan formulir Model C Hasil KWK dari setiap TPS yang menghelat Pemilihan Wali Kota Ternate di Batangdua.

Adanya hasil pemilihan dari dua kecamatan itu, maka secara tabulasi hasil rekapitulasi data tersebut menunjukkan bahwa MHB GAS merupakan paslon pendulang suara tertinggi sebanyak 1.625 suara, disusul MAJU 1.373 suara, TULUS 877 dan YAMIN ADA 438 suara.

Adanya tahapan rekapitulasi hitung suara yang masih berjalan di tingkat PPK hingga ke KPU Kota Ternate pada tanggal 14 Desember ini, lanjut Kifli mengimbau, kepada seluruh pasangan calon dan tim pemenangan paslon masing-masing agar tetap bersabar menunggu hasil pleno di KPU Kota Ternate.

Kifli mengajak masyarakat untuk menghormati proses rekapitulasi penghitungan suara yang sedang berjalan. Semua itu dilakukan sesuai PKPU Nomor 19 Tahun 2020 Tentang Rekapitulasi Suara.

“Terkait data hasil yang diperoleh paslon dan tim paslon saat ini, itu merupakan hak mereka, tetapi kita semua juga harus menghormati proses yang masih berjalan. Karena hasil sebenarnya itu dari rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan secara berjenjang hingga ke KPUD,” jelasnya. *

Sahrul Jabidi

  • Bagikan