oleh

Sebaran Suara Paslon Pemenang Sesuai Pleno PPK 5 Kecamatan di Ternate

Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Ternate hingga saat ini sudah selesai di lima kecamatan. Sisanya tiga kecamatan di pusat kota yang dalam tahapan rekapitulasi.

Data Model D Hasil KWK lima kecamatan yang selesai rekapitulasi menunjukkan, paslon Tauhid Soleman-Jasri Usman (TULUS) berada di urutan pertama dengan perolehan 4.568 suara, disusul M Hasan Bay-Asghar Saleh atau MHB GAS 4.534 suara, Merlisa-Juhdi (MAJU) 3.459 dan Yamin Tawary-Abdullah Taher (YAMIN ADA) 3.256 suara.

Adanya hasil rekapitulasi tingkat PPK lima kecamatan itu maka paslon TULUS unggul dari paslon MHB GAS dengan selisih 34 suara. Hasil pleno lima kecamatan ini, yakni Pulau Moti, Pulau Hiri, Batangdua, Pulau Ternate, dan Ternate Barat. Hasil ini dengan partisipasi pemilih mencapai 16.043 suara yang terdiri dari 15.817 suara sah dan 226 suara tidak sah dari daftar DPT 18.334.

Tiga kecamatan pusat kota yang belum selesai rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat PPK itu adalah Kecamatan Ternate Selatan, Ternate Tengah, dan Ternate Utara.

Ketua KPU Kota Ternate, M Zen A Karim menyebutkan, tahapan pleno tingkat Kecamatan untuk Pilkada Ternate ini dilakukan sampai tanggal 14 Desember.

“Dan untuk tingkat KPU direncanakan pleno tanggal 15 Desember 2020,” sambung Zen.

Adanya tahapan yang masih berjalan di tiga Kecamatan ini maka Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan mengajak pasangan calon agar bersabar menunggu hasil pleno kecamatan selesai hingga pleno di KPUD.

Ia mengajak masyarakat untuk menghargai proses rekapitulasi yang sedang berjalan.

“Karena hasil rekapitulasi yang sebenarnya digunakan adalah rekapitulasi yang dilakukan secara berjenjang, sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 19 Tahun 2020,” jelasnya.

Sahrul Jabidi

Bagikan Kabar Anda

# REKOMENDASI