Peringatan Dini Gelombang Tinggi Capai 4 Meter di Perairan Maluku Utara

  • Bagikan
Gelombang di Perairan Ternate. (Kieraha.com)

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Baabullah Ternate kembali merilis peringatan dini gelombang tinggi di Perairan Maluku Utara. Prakiraan gelombang tinggi ini mulai berlaku tanggal 30 Januari 2021, pukul 21.00 WIT hingga 1 Februari 2021, pukul 21.00 WIT.

Data BMKG menyebutkan, potensi gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter ini berpotensi terjadi di laut Samudra Pasifik Selatan Halmahera dan bagian Utara Halmahera, Perairan Barat Halmahera Utara, Perairan Halmahera Timur, Laut Halmahera dan Pulau Morotai.

BACA JUGA Melihat Proses Pengolahan Sagu di Halmahera Kepulauan Maluku

Selain itu gelombang tinggi 1,25 meter hingga 2,5 meter berpotensi di Perairan Loloda, Perairan Ternate-Batangdua, Perairan Bacan dan Obi, serta Perairan Sula dan Taliabu.

Prakirawan BMKG Fahmi A Bachdar menyebutkan, adanya peringatan dini gelombang tinggi di wilayah perairan ini maka diharapkan kepada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry dan pesiar agar dapat memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

“Kepada masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan akitivitas di wilayah Samudra Pasifik Utara Halmahera dan perairan di wilayah Halmahera harap memperhatikan kondisi tersebut,” sambungnya. *

Apriyanto Latukau

  • Bagikan