Privasi

Gubernur dan Kapolda Maluku Utara Pantau Vaksinasi Akpol 1997 di Ternate

  • Bagikan
Suasana vaksinasi di Ternate. (Khaira Ir Djailani/Kieraha.com)

Akademi Kepolisian atau Akpol Angkatan 1997 Wira Pratama melaksanakan vaksinasi secara serentak, Senin (20/9/2021). Khusus wilayah Maluku Utara, berlangsung di Ternate dan Halmahera Tengah.

Kegiatan ini sekaligus dengan pemberian bantuan sosial kepada masyarakat di wilayah setempat.

BACA JUGA Potensi Mangrove sebagai bahan Pengobatan Tradisional di Tidore Kepulauan

Irjen Pol Risyapudin Nursin, Kapolda Maluku Utara menyatakan, kegiatan yang digagas oleh Akpol 97 ini merupakan langkah untuk memenuhi capaian vaksinasi nasional.

Untuk wilayah Maluku Utara, katanya, sampai saat ini masih rendah. Capaian vaksinasi ini belum memenuhi target yang diberikan oleh pemerintah pusat.

“Untuk vaksin tahap pertama, di Maluku Utara masih 19,8 persen, sementara vaksin tahap kedua baru mencapai 9,5 persen. Capaian ini, masih jauh dari target yang diberikan (pemerintah pusat) ke kita,” ucap Risyapudin, usai pemantauan vaksin, di Ternate, Senin 20 September.

Taliabu Masih Rendah

Kapolda menyebutkan, pemenuhan vaksinasi untuk setiap harinya harus mencapai 6.750 dosis. Target ini dibagi per kabupaten dan kota di Malut sesuai jumlah penduduk yang ada.

“Dari target capaian vaksin, setiap harinya sesuai data yang diterima, paling banyak berasal dari Kabupaten Halmahera Selatan 1.300, posisi kedua dari Kabupaten Halmahera Utara dengan capaian 1.100, disusul Kota Ternate 945 dan yang paling rendah adalah Kabupaten Pulau Taliabu,” jelasnya.

Dengan target tersebut, katanya, dengan waktu yang ada, pihak jajaran Polda Maluku Utara akan bekerja lebih ekstra. Ini melibatkan TNI dan pemerintah di daerah masing-masing.

“Sehingga Maluku Utara bisa berada pada posisi 60 hingga 70 persen pada bulan Desember 2021. Tentunya ini perlu kerja keras dari kita semua, termasuk masyarakat,” tambahnya.

BACA JUGA Kejayaan Cengkih Pulau-Pulau di Bawah Angin yang Hilang

Direktur Reserse Kriminal Khusus Kombes Pol Afriandi Lesmana menambahkan, kegiatan vaksinasi Akpol 1997 yang dilakukan secara serentak ini berpusat di Jakarta dan dihadiri langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Untuk pelaksanaan di Ternate dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

“Kegiatan ini berlangsung di Kota Ternate dan Halmahera Tengah (20-26 September 2021) dengan target 2 ribu dosis vaksin. Kegiatan ini sekaligus pemberian bansos,” sambungnya.

  • Bagikan
Exit mobile version