oleh

Rumah Makan dan Pasar di Tobelo Mulai Beraktivitas ‘Normal’ 1 Juni

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Halmahera Utara, Deky Tawaris menyatakan, aktivitas rumah makan dan pasar di kabupaten setempat mulai beroperasi 1 Juni 2020. Meski akan dibuka seperti biasa, namun dengan catatan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Deky mengemukakan, jam buka rumah makan, warung, dan pasar di Tobelo dan secara umum di wilayah setempat, dimulai pada pukul 06.00 WIT hingga batas waktu pukul 20.30 WIT.

Ia menjelaskan, setiap penjual maupun pembeli diwajibkan mematuhi protokol kesehatan tentang pencegahan penularan virus corona. Di antaranya tetap mengenakan masker dan menjaga jarak.

“Para penjual, pembeli diwajibkan memakai masker dan melaksanakan protokol Covid serta para pengguna pasar mengawasi pelaksanaan protokol Covid di pasar,” lanjut Deky.

Aktivitas Sekolah dan Tempat Ibadah

Deky menjelaskan, pembukaan akses ekonomi masyarakat dengan pembatasan sesuai protokol kesehatan itu, dilakukan berdasarkan Instruksi Gugus Tugas Nomor 64/SATGAS COVID-19/HALUT tentang penataan akses keluar masuk di wilayah Halmahera Utara yang disepakati pada 28 Mei 2020.

Deky menambahkan, aktivitas di sekolah pun akan dibuka pada tanggal 1 Juni 2020. Yang akan diberlakukan dengan pembatasan murid yang masuk dan jam masuk keluar di sekolah.

“Selain itu, umat beragama pun dapat melaksanakan ibadahnya di tempat ibadah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” sambung Deky.

Tatanan kehidupan baru yang diberlakukan di Halmahera Utara ini untuk penyesuaian new normal. New normal adalah kehidupan yang akan dijalankan seperti biasa namun ditambah dengan protokol kesehatan. Tujuannya untuk memulihkan akses ekonomi masyarakat dan sektor lainnya selama pandemi Covid-19.

BAGIKAN