oleh

Salat Id di Tengah Pandemi Virus Corona di Ternate Berlangsung Lancar

Pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjemaah di masjid di tengah pandemi virus corona wilayah Ternate, Maluku Utara berjalan lancar menggunakan protokol kesehatan.

Pengamatan kieraha.com di beberapa tempat pelaksanaan salat Id wilayah ini, diantaranya di Masjid Almunawwar, Kelurahan Gamalama dan Masjid Imam Bonjol, Kelurahan Salero.

Terpantau ribuan umat Islam di kota kecil ini melaksanakan salat Id dengan khusyuk meski di tengah pandemi virus corona. Setiap jemaah yang datang pun menggunakan masker.

BACA JUGA

Hasil Pemeriksaan TCM Mendiang Sekkot Tidore Maluku Utara Terkonfirmasi Positif

Salat Idul Fitri di Masjid Besar Ternate Dilaksanakan dengan Protokol Covid

Sebelum jemaah salat Id di kedua masjid besar ini masuk ke dalam masjid pun terpantau lebih dulu mencuci tangan dengan sabun dan air yang disediakan panitia di lokasi masjid.

Alhamdulillah pelaksanaan salat Id di masjid ini berjalan lancar dan khusyuk. Panitia juga melakukan pembatasan dan mengatur jarak shaf tidak bersentuhan,” kata Nandy Pratama, ketika disambangi, usai melaksanakan salat Id, di Masjid Imam Bonjol, Minggu, 24 Mei.

Rustam Hamzah, Wakil Ketua I BTM Masjid Raya Almunawwar, juga mengemukakan, pelaksanaan salat Id di masjid ini berjalan lancar sesuai protap yang direncanakan.

Ia menjelaskan, sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah ini dilaksanakan, pengurus masjid setempat sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh jemaah setempat.

Bahwa pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 H dilakukan di Masjid Raya Almunawwar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tentang pencegahan wabah virus corona Covid-19.

Bahkan, jarak shaf yang sudah diatur oleh pengurus Masjid Almunawwar pun diikuti oleh setiap jemaah dengan memenuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan tersebut.

“Protokol kesehatan ini diantaranya, sebelum jemaah masuk ke dalam masjid, itu mencuci tangan dengan air dan sabun yang disediakan, dan menggunakan masker,” jelas Rustam.

Usai melaksanakan salat Id di masjid ini pun terlihat para jemaah langsung kembali pulang ke rumah dan tidak bersalaman seperti pemandangan di tahun-tahun sebelumnya.

BAGIKAN