oleh

Salat Idul Fitri di Masjid Besar Ternate Dilaksanakan dengan Protokol Pencegahan Covid

Aroma kue lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah sudah tercium. Umat muslim di seluruh dunia, termasuk Kota Ternate, Maluku Utara pun mulai menyambut datangnya momen lebaran ini.

Meski di tengah ujian pandemi virus corona, namun suasana menjelang lebaran Idul Fitri 2020 ini tetap seperti biasa, dengan sejumlah kesiapan menyambut lebaran tersebut.

Pengamatan kieraha.com, di Kota Ternate, aroma kue lebaran hampir tercium di sebagian besar rumah-rumah. Banyak warga mulai membelanjakan ikhwal lebaran Idul Fitri ini.

Sebelum mencicipi kue lebaran khas masing-masing keluarga di kota kecil bulat kerucut ini, tentunya langkah awal yang disiapkan adalah menyambut salat Idul Fitri, pertanda berakhir bulan suci Ramadan 1441 H. Kesiapan ini pun mulai dilaksanakan sejumlah pengurus masjid.

BACA JUGA

Imbauan MUI Ternate Terkait Salat Idul Fitri di Tengah Pandemi Covid

Cara Aman Salat Berjemaah dan Terhindar dari Virus Corona

1.000 Sumbu di Morotai Menyambut Malam Lailatul Qadar

Kesiapan ini salah satunya dilaksanakan oleh pengurus Masjid Raya Almunawwar Ternate. Meski di tengah wabah pandemi, namun kegiatan salat Id ini tetap dilakukan di masjid.

Wakil Ketua I Pengurus Masjid Raya Almunawwar Ternate, Rustam Hamzah mengemukakan, pelaksanaan salat Idul Fitri di masjid terbesar di kota kecil ini, dilakukan sesuai protokol penanganan Covid-19. Terutama upaya pencegahan wabah virus ini.

Rustam menjelaskan, selain menyiapkan tempat cuci tangan di setiap pintu masuk masjid, pengurus Masjid Raya Almunawwar juga mengatur shaf dengan jarak aman jemaah.

“Langkah ini kami lakukan sebagai bentuk ikhtiar penularan wabah virus Covid,” jelas dia.

Ia menambahkan, yang bertindak sebagai imam masjid pada salat Idul Fitri tahun ini adalah Ustaz Ikhsan. Sedangkan khatib masih akan dikoordinasikan dengan pengurus masjid.

Insya Allah kita rencanakan malam nanti sudah ada khatib salat Id,” sambung Rustam.

Wawali Kota Salat Id di Masjid Sultan
Masjid Raya Almunawwar Ternate. (Machmud Ici)

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Ternate, Abdullah Tahir mengatakan bahwa salat Idul Fitri tahun ini akan dilaksanakannya di Masjid Sultan Ternate, Kelurahan Soa, Ternate Utara.

Politisi Demokrat itu menyatakan, pelaksanaan salat Id berjemaah di Masjid Kesultanan Ternate ini digelar dengan tetap menjalankan protokol pencegahan virus Covid.

“Saya bersama keluarga salat Id di Masjid Sultan,” tutup Abdullah, Kamis, 21 Mei 2020.

Alfajrin Ajin I Irawan Lila
Author
BAGIKAN