oleh

Sayembara Sastra Lisan Ternate dan Kelas Pengenalan Essay di TBF 2020

Panitia Acara Ternate Book Festival atau TBF 2020 akan menggelar sayembara sastra lisan ternate dan kelas pengenalan essay. Gelaran ini akan berlangsung pada 10-17 Februari.

“Rangkaian kegiatan dari pameran buku terbesar pertama di Malut ini dibuka untuk umum,” kata Ketua Bidang Acara TBF 2020, Wawan Iliyas, kepada kieraha.com, Selasa (14/1/2020).

Ia mengatakan, sayembara sastra lisan ternate ini sengaja dibuat untuk menjangkau sejauh mana khazanah dan sastra lisan di Ternate diminati dan dipelajari generasi saat ini.

“Sehingga kami berharap para peserta nantinya bisa menyodorkan sastra lisan yang belum pernah dibukukan. Kalaupun sudah, maka peserta diharapkan bisa menjelaskan makna dan konteks dari sastra lisan yang disetor ke panitia sejauh yang dipahami peserta,” katanya.

Adapun ketentuan umum bagi peserta yang mengikuti sayembara ini, kata Wawan, yaitu naskah yang diserahkan tidak sedang diikutkan dalam lomba lain, dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Naskah merupakan karya asli, bukan jiplakan atau saduran.

Selain itu, sambung dia, ketentuan khususnya, setiap naskah disertakan dengan arti serta makna kontekstual. Peserta sayembara ini juga diminta untuk membuat kategori atau jenis sastra lisan dalam setiap naskah yang dikirim, seperti dola bololo, dalil fifa, dalil moro, rorosa dan lainnya. Peserta wajib menyertakan sumber sastra lisan (sumber penutur).

Wawan menambahkan, batas waktu pengiriman karya dan juga kelas pengenalan essay ini, 5 Februari 2020, atau lima hari sebelum pelaksanaan Ternate Book Festival dimulai.

Untuk tiga peserta terbaik, lanjut Wawan, panitia TBF 2020 menyiapkan uang pembinaan senilai Rp 2.250.000. Yang ini terdiri dari juara I Rp 1 juta, juara II Rp 750 ribu dan III Rp 500 ribu.

“Khusus untuk kelas pengenalan essay ini diselengarakan terbatas dengan jumlah maksimal 50 peserta. Gelaran ini dibuka dengan uang pendaftaran sebesar Rp 150 ribu per peserta, nantinya peserta juga mendapat buku yang ditulis oleh pemateri berjudul Inilah Essay,” kata Wawan.

Ia menambahkan, selain dua item pada rangkaian kegiatan TBF 2020 tersebut, ada juga lomba foto candid dan selfie di lokasi digelarnya TBF 2020 di Kota Ternate.

“Untuk lomba foto kita umumkan dalam waktu dekat lewat Instagram,” sambungnya. *

Redaksi
Editor
Bagikan Kabar Anda