oleh

Sebaran Data Terbaru Jumlah Kasus Covid-19 di Maluku Utara

Kasus terkonfirmasi positif virus corona Covid-19 di wilayah Provinsi Maluku Utara kembali bertambah menjadi 92 orang. Peningkatan jumlah kasus positif ini berlangsung cukup cepat sejak Tes Cepat Molekuler atau TCM dilakukan di RSUD Chasan Boesoirie Ternate.

Jumlah orang terpapar pandemi wabah virus corona ini bertambah sesuai update data Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Maluku Utara per 17 Mei 2020. Dari data ini menyebutkan, ada 4 orang dari 13 orang yang spesimennya diperiksa terkonfirmasi positif Covid-19.

“Keempat orang ini 2 dari Ternate dan 2 dari Halmahera Utara,” kata juru bicara gugus tugas dr Alvia Assagaf, sesuai rilis, yang disampaikan di Ternate, Minggu sore, 17 Mei 2020.

Alvia mengatakan dalam satu hari pemeriksaan TCM di RSUD Chasan Boesoirie Ternate rata-rata menggunakan 12 cartridge. Satu cartridge dilakukan untuk satu orang yang diperiksa.

“Dengan penambahan kasus baru ini maka jumlah kasus positif Covid-19 di Maluku Utara menjadi 92 orang. Yang selanjutnya kami sebut kasus 89 sampai kasus 92,” jelas Alvia.

Peningkatan jumlah kasus positif ini, lanjut Alvia, di Ternate menjadi 52 kasus dan Tobelo Halmahera Utara 8 kasus. Untuk kabupaten kota yang masih tetap sama dengan jumlah sebelumnya yaitu Tidore 13 kasus, Morotai 7 kasus, Sula 4 kasus, Halmahera Barat 3 kasus, Halmahera Tengah 2 kasus, Halmahera Selatan 2 kasus, dan Halmahera Timur satu kasus.

12 Orang Sembuh dan 4 Meninggal

Alvia menambahkan, dari update data per 17 Mei itu, jumlah kasus yang dinyatakan sembuh masih tetap 12 orang. Jumlah kasus Covid-19 yang sembuh ini berasal dari Ternate 6 orang, Tidore 4 orang, dan dari Halmahera Selatan dan Halmaheara Utara masing-masing 1 orang.

“Untuk kasus orang yang terkonfirmasi positif meninggal ini masih 4 orang. Kasus meninggal 4 orang ini dari Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Ternate dan Tidore,” sambung dia.

Bagikan Kabar Anda