oleh

Sejumlah Tokoh di Maluku Utara Akui Balon Wali Kota Ini Cerdas

Kehadiran Mohammad Yamin Tawary sebagai salah satu Bakal Calon atau Balon Wali Kota Ternate di Pilkada 2020 mengundang perhatian sejumlah publik figur di Maluku Utara.

Ridwan Ilyas, salah satu tokoh Muhammadiyah, mengaku mengetahui Yamin sejak masih muda. Kepemimpinannya telah nampak sejak memimpin PII dan HMI di Ternate.

“Di KNPI saat itu Yamin telah muncul jiwa kepemimpinannya, mulai sikap dan perilakunya cukup baik untuk menjadi seorang pemimpin,” kata Ridwan, sesuai rilis yang ditulis.

Menurut Ridwan, dengan bekal pengalaman yang luas, Yamin bisa memajukan Ternate.

“Saya percaya Yamin bisa kelola Kota Ternate yang maju dan mandiri,” sebutnya.

Salim A Halik, mantan Aktivis PII dan HMI menambahkan, pada era tahun 70 dan 80-an Yamin dikenal sebagai figur sentral gerakan pemuda dan mahasiswa Maluku Utara.

“Karena beliau saat itu adalah seorang orator ulung. Semua orang tau itu. Dan jiwa kepemimpinannya sudah terlihat,” kata Salim.

Jadi sangat wajar, kata mantan Anggota DPRD Maluku Utara itu, jika tahun 2020 ini Yamin muncul sebagai salah satu Calon Wali Kota Ternate untuk mengabdikan diri di daerahnya.

“Tentu kehadirannya untuk membangun dan memberikan pelayanan ke masyarakat Ternate melalui perhelatan pilkada ini,” kata Salim.

Menurut Salim, Yamin Tawary adalah sosok yang bisa diharapkan untuk memimpin Kota Ternate ke depan yang lebih baik.

Sementara itu, Tahir Abdullah, mantan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara, memberi kesaksian bahwa Yamin adalah sosok yang cerdas sejak masih mahasiswa.

“Beliau pernah bilang, kalau wajah tidak ganteng harus cerdas, supaya punya harga diri,” katanya mengulangi pernyataan Yamin kala itu.

Darsis Hoemah, mantan aktivis HMI Maluku Utara, mengatakan Yamin adalah seorang politisi senior, yang pernah berjaya di Partai Golkar dan berpengalaman di level nasional.

“Bang Yamin Tawary adalah aktivis mahasiswa (HMI) sejak muda, dan dengan latar belakang pendidikan agama yang baik di IAIN, sangat memahami kultur masyarakat Moloku Kie Raha serta pengalaman politik yang mumpuni tentu sangat baik jika ia berkhidmat untuk bangun kampung halaman kita,” sambungnya. *

Redaksi
Editor
Bagikan Kabar Anda