oleh

Seragam Satpam di Maluku Utara Bakal Diubah Mirip Polisi

Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Maluku Utara bakal mengubah seragam Satuan Pengamanan atau Satpam di Maluku Utara mirip dengan baju dinas kepolisian.

Perubahan ini tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

“Kemiripan warna seragam Satpam dengan polisi diharapkan dapat menimbulkan kedekatan emosional hingga menumbuhkan kebanggaan,” ujar Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Adip Rojikan, ketika dikonfirmasi kieraha.com, Rabu 16 September 2020.

Adip mengemukakan, perubahan seragam Satpam dari setelan baju warna putih dan bercelana biru ini menyesuaikan dengan baju dinas Polri berwarna cokelat.

“Bukan hanya baju tapi topi dinas Satpam pun akan mirip dengan polisi. Bahkan baju dinas Satpam pun dirancang dengan berbagai model mulai dari seragam biasa, seragam berhijab, hingga setelan jas. Seragam tersebut juga dilengkapi dengan tanda pangkat,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Adip, terkait penerapan ini untuk wilayah Polda Maluku Utara masih akan melakukan penyesuaian, yang dimulai dengan pendataan jumlah Satpam yang ada di Malut.

“Untuk itu dengan seragam baru ini jadi kebanggaan Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas, memuliakan profesi Satpam, dan menambah pergelaran fungsi kepolisian di tengah masyarakat,” tutup Adip.

Rian Renaldi
Author
Bagikan Kabar Anda