oleh

Siap-Siap 600 Lebih Tenaga Kesehatan di Ternate Bakal Divaksin Duluan

Kepala Dinas Kesehatan Ternate Nurbaity Rajabessy mengatakan ada 600 lebih tenaga kesehatan di Ternate yang akan pertama kali menerima suntikan vaksin corona sinovac.

Jumlah tenaga kesehatan itu tersebar di puskesmas, RS swasta maupun daerah.

BACA JUGA

800 Ribu Orang di Maluku Utara Bakal Disuntik Vaksin Corona Sinovac

“Jumlah yang terdata ini nantinya diverifikasi lebih dulu apakah ada penyakit bawaan atau tidak. Kalau ada penyakit diabetes dan lainnya, atau yang pernah terpapar Covid-19 maka tidak dilakukan penyuntikan vaksin,” kata Nurbaity, begitu dikonfirmasi, Selasa.

Karena itu lanjut Nurbaity, sebelum dilakukan penyuntikan dosis vaksin sinovac maka dilakukan tahapan wawancara terhadap ratusan tenaga medis di kota pulau tersebut.

“Ini karena dalam penyuntikan vaksin sinovac akan disiapkan tiga meja. Untuk meja pertama pendaftaran, meja kedua pemeriksaan kesehatan, dan meja ketiga pemberian vaksin. Kalau di meja kedua tidak memenuhi syarat maka tidak dilanjutkan ke meja ketiga,” kata Nurbaity.

“Kalaupun ada (tenaga kesehatan) yang menolak penyuntikan vaksin, maka itu hak mereka. Karena ini berkaitan dengan hak masing-masing, tetapi harus disertai dengan alasan kenapa menolak divaksin,” tambahnya.

Sahrul Jabidi

Bagikan Kabar Anda