oleh

Sidak KSOP Ternate Temukan Jaket Penolong tak Layak Pakai

Belum genap sebulan menjabat, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP Kelas II Ternate, Affan Tabona bersama para kepala-kepala seksi melakukan sidak, di Pelabuhan Bastiong, Pelabuhan Mangga Dua dan Pelabuhan Dufa Dufa, wilayah Ternate.

Sidak ini bertujuan memastikan pelaksanaan pengawasan yang dilakukan Petugas KSOP di setiap pelabuhan itu berjalan dengan baik.

Dalam monitoring tersebut, mantan Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Surabaya, Jawa Timur, itu memeriksa kelengkapan alat keselamatan di setiap transportasi laut, berupa jaket penolong, kompas dan surat-surat izin berlayar.

“Ini cara saya agar lebih mengetahui persoalan-persoalan di lapangan sehingga keputusan yang nanti saya buat dapat menyelesaikan masalah. Ini bukan pencitraan dan juga bukan nanti ada musibah baru melakukan sidak ke lapangan. Saya pastikan sidak seperti ini secara kontinyu akan terus dilakukan bersama tim, dan jika saat sidak ditemukan anak buah kami yang lalai maka akan diberi sanksi,” ujar Affan, begitu disambangi kieraha.com, Senin.

Affan berharap para motoris kapal maupun speedboat serta penumpang punya kesadaran yang sama akan pentingnya keselamatan berlayar, sehingga pelayaran menjadi nayaman, aman, dan selamat sampai tujuan masing-masing selama pelayaran laut berlangsung.

“Sidak kali ini tidak ditemui pelanggaran-pelanggaran yang berat, hanya ditemukan jaket penolong yang tidak layak pakai, surat izin yang akan habis masa berlakunya,” tambah dia.

Irawan Lila
Author
Bagikan Kabar Anda