oleh

SMK Penerbangan Bakal Hadir di Morotai Maluku Utara Tahun Depan

TNI Angkatan Udara resmi melakukan penandatangan MoU dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk pendirian SMK Penerbangan Dirgantara Morotai Tahun 2021 di kawasan Lanud Leo Wattimena.

Penandatangan ini dipusatkan di Stadion Gelora Kieraha, Ternate, Minggu 11 Oktober.

Pangkoopsau III Marsda TNI Ir Novyan Samyoga dalam amanatnya mengatakan kehadiran SMK Dirgantara di kawasan Pangkalan TNI AU Leo Wattimena di Kabupaten Pulau Morotai ini dengan tujuan untuk menanam jiwa nasionalisme, kedisiplinan dan tata cara beretika kepada orang tua keluarga khususnya untuk generasi muda kedepan.

“Ini kita lakukan sehingga generasi muda kita kedepan bisa menjadi generasi yang unggul,” kata Marsda TNI Novyan Samyoga.

SMK Dirgantara ini memiliki konsep boarding school, di mana para siswa mulai dari bangun hingga tidur berada di lingkungan sekolah sehingga dengan demikian generasi muda bisa dibekali tidak hanya pengetahuan umum tetapi pengetahuan menyangkut nasionalisme.

“Pembangunan SMKS itu berada di Lanud Leo Wattimena Morotai dengan luas kurang lebih 2 hektare, dan jika pengembangan masih dibutuhkan akan ditambah lagi,” lanjut Novyan.

Gubernur Abdul Gani Kasuba menambahkan, dengan penandatangan sekolah ini kedepan generasi muda Malut juga bisa menikmati pendidikan khususnya di bidang penerbangan.

“Sekolah SMKS untuk wilayah timur Indonesia mungkin yang petama di Provinsi Maluku Utara, makanya ini jadi kesempatan besar untuk generasi muda kita kedepan,” katanya.

Gubernur berharap, dengan adanya sekolah penerbangan ini, selain membuka kesempatan untuk anak muda dari luar Malut, juga diharapkan prioritas putra putri di daerah Malut.

Penandatanganan MoU SMK ini dilakukan setelah kegiatan terjun payung di Stadion Gelora Kieraha Ternate. Kegiatan ini dalam rangka HUT TNI ke75 dan HUT Provinsi Malut ke21.

Khaira Ir Djailani
Author
Bagikan Kabar Anda