oleh

Solusi Yamin Tawary Respon Usaha yang Digeluti Pengrajin Tongole

Bakal Calon Wali Kota Ternate, Mohammad Yamin Tawary, mendatangi tempat kerajinan bambu di Kelurahan Tongole, Ternate, Senin 9 Maret 2020.

Yamin dan tim pemenangnya menemui Asman Ali, di lokasi kerja kelurahan setempat. Di hadapan Yamin, Asman mengaku, menggeluti usaha tersebut sejak tahun 2012.

Saat ini ia sudah memiliki 5 orang karyawan. “Harga kursi bambu di sini bervariasi, mulai dari Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000 per set,” kata Asman.

Menurut Asman, bahan baku pembuatan kursi bambu tidak semua tersedia di Ternate. Itulah sebabnya harga jualnya terkesan mahal. “Kalau bambu semuanya dari Ternate, tapi rotannya pesan di pabrik rotan di Surabaya,” ucap Asman.

Rotan di Ternate, kata Asman, bisa dijadikan bahan baku pembuatan kursi hanya saja tidak ada mesin pengolahannya.

Setelah beberapa menit mendengar penjelasan Asman, Yamin pun mengatakan, usaha seperti itu harus diperhatikan secara serius oleh pemerintah.

“Karena usaha seperti yang digeluti Asman ini bisa serap tenaga kerja yang banyak, kalau usahanya berkembang,” kata Yamin.

Selain itu, yang harus diperhatikan adalah managemen dan promosinya, supaya terbuka pasarnya. Tidak hanya di Ternate, lanjut Yamin, tapi menjangkau semua kota.

“Kalau saya jadi wali kota, yang akan saya perhatian adalah sisi managemen dan promosinya,” ucap Yamin.

Selain kursi bambu, Asman juga memproduksi cangkir, teko, sedotan, tempat tidur bayi, dan hiasan lampu. Semuan kerajinannya itu terbuat dari bambu dan tempurung kelapa.

Mengunjungi tempat wisata

Setelah dari pengrajin bambu, Yamin dan timnya mengunjungi lokasi wisata alam cengkeh Afo, yang tidak jauh dari lokasi pengrajin kursi bambu tersebut.

“Yang harus diperkuat adalah narasi tentang Cengkeh Afo. Penataan yang lebih menarik untuk wisatawan berkunjung,” ujar Yamin.

Sebelumnya Yamin dan tim pemenangnya, pada Minggu 8 Maret 2020, melakukan silaturahmi dengan warga di Kelurahan Afe Taduma, Ternate Pulau.

Respon masyarakat setempat atas pencalonan Yamin sebagai wali kota cukup tinggi. *

Redaksi
Editor
BAGIKAN