12.841 Pemilih Salurkan Hak Suara di TPS Khusus Harita Nickel

Avatar photo
Karyawan Harita Nickel saat menyalurkan suara di TPS Khusus/dok harita/kieraha.com

Puncak perayaan pesta demokrasi 2024 untuk Dewan Perwakilan Rakyat RI, Provinsi dan Kabupaten Kota serta Pemilihan Presiden yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 14 Februari kemarin, disambut meriah dan antusias oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kemeriahan Pemilu yang dihelat setiap lima tahun sekali ini, turut dirasakan perusahaan pertambangan dan industrialisasi nikel terintegrasi berkelanjutan, PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau Harita Nickel, di Pulau Obi, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Pihak KPUD Halmahera Selatan menyebutkan, data pemilih yang terdaftar di TPS Khusus area perusahaan tambang ini, sebanyak 12.841 orang. Jumlah ini terdiri dari pemilih laki-laki 12.185 orang dan pemilih perempuan 656 orang.

Sebagai bentuk peran aktif perusahaan dalam mendukung pemerintah untuk menyukseskan pesta demokrasi ini, Harita Nickel mendukung penuh program KPUD setempat dalam menyediakan TPS Khusus sebanyak 44 unit di dalam kawasan perusahaan.

Sejak pukul 07.00 WIT, ribuan karyawan dari berbagai unit kerja berdatangan ke TPS Khusus yang disediakan untuk menyalurkan hak pilih mereka.

Samsul Baharudin, salah satu karyawan yang ditemui di TPS mengaku senang karena sebagai warga negara dapat difasilitasi oleh perusahaan untuk menyalurkan hak politiknya di lokasi kerja. Menurutnya, pelayanan yang diberikan pihak penyelenggara juga sangat bagus, dengan fasilitas TPS yang nyaman serta pengelolaan kegiatan yang berlangsung dengan sangat baik.

“Ada TPS Khusus yang disediakan untuk kami, bahkan tahun ini TPS sangat banyak, namun tetap terorganisir dengan aman. Waktu pencoblosan juga sesuai harapan kami, sehingga kami masih bisa kerja di site masing-masing,” kata Samsul.

Samsul juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Pemilu 2024 di area perusahaan.

“Terima kasih kepada perusahaan dan pihak penyelenggara Pemilu di Kabupaten Halmahera Selatan yang telah menyediakan TPS lokasi khusus untuk kami,” lanjutnya.

Yaret Colling, Anggota KPUD Halmahera Selatan, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Harita Nickel dengan menyediakan ruang TPS Khusus di area perusahaan.

“TPS Khusus ada 44 di Harita Nickel. Ini artinya sosialisasi kena sasaran. Otomatis antusias pemilih juga tinggi. Ini sebuah apresiasi untuk pihak Harita Nickel karena telah ikut menyukseskan hajatan negara melalui Pemilu,” ucap Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPUD Halmahera selatan ini.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Halmahera Selatan, Hans William Kurama menyebutkan, jumlah TPS lokasi khusus Harita Nickel ini mengalami peningkatan dari pelaksanaan Pemilu 2019 yang hanya 8 TPS.

TPS Khusus di site Harita Nickel/kieraha.com
TPS Khusus di site Harita Nickel/kieraha.com

“Dan pada tahun ini meningkat menjadi 44 TPS, sehingga kami memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan atas penyelenggaraan Pemilu tahun ini,” ujarnya.

Baik Bawaslu maupun KPU juga memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan yang telah mengizinkan karyawan untuk menjadi bagian dari petugas penyelenggara Pemilu di lokasi TPS. Seluruh karyawan yang bertugas sebagai pengawas TPS maupun KPPS sebelumnya telah mendapatkan Bimbingan Teknis dari lembaga terkait. *