BPKAD Maluku Utara Gelar Rakor Percepatan Penyerapan APBD Kabupaten Kota

Avatar photo
Budiyanto Kausaha. (Mulyadi Ismail/kieraha.com)

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah atau BPKAD Provinsi Maluku Utara, menggelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan dan Fasilitasi Percepatan Penyerapan APBD Kabupaten Kota, di Ternate, Rabu 6 September 2023.

Rakor tersebut dihadiri oleh Direktorat Pelaksana Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah dan BPKAD Kabupaten Kota se Provinsi Maluku Utara.

Kepala Bidang Anggaran BPKAD Malut Budiyanto Kausaha menyatakan, Rakor ini dilaksanakan untuk membina BPKAD Kabupaten Kota dalam rangka monitoring Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

“Karena yang disampaikan Pusat itu kita di Maluku Utara punya realisasi APBD paling rendah,” katanya, ketika disambangi.

BACA JUGA  Asal Muasal Uang yang Disetor Terdakwa Korupsi ke Gubernur Maluku Utara

Budiyanto meminta agar Rakor yang digelar ini, dapat dimanfaatkan dengan baik oleh BPKAD Kabupaten Kota, terutama dalam menggenjot realisasi belanja dan dana transfer.

“Kalau sudah diketahui, maka kita sama-sama mencari solusinya, karena dalam Rakor ini dari Direktorat Pelaksana dan Pertanggung Jawaban Keuangan Daerah juga akan menyampaikan terkait permasalahan tersebut,” lanjutnya.

Ia juga berharap, selesai Rakor tersebut hubungan antara BPKAD Provinsi dan BPKAD Kabupaten Kota semakin baik dalam koordinasi terkait penyerapan APBD. *