Pemda Halsel Target Napak Tilas Kesultanan Bacan Pecahkan Rekor Muri

Avatar photo
Ali Dano/Abdul Anas Barmawi/kieraha.com

Pemda Kabupaten Halmahera Selatan menggelar Festival Marabose pada tanggal 23 – 26 Juni 2024. Pagelaren festival ini menargetkan sebanyak dua kegiatan akan memecahkan Rekor Muri. Dua kegiatan itu adalah Napak Tilas dan kegiatan Seribu Menu Forikan.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Selatan Ali Dano optimis dua kegiatan tersebut meraih rekor muri karena baru pertama kali digelar.

“Untuk Napak Tilas sendiri sangat layak mendapatkan Rekor Muri karena ada perjalanan kemaritiman dengan jarak 174 mil laut. Dalam perjalanan laut menggunakan Perahu Kora Kora ini, para rombongan dari Kesultanan Bacan dan Pemerintah Daerah memulai perjalanan dari Desa Daori, Pulau Makean hingga berlabuh di Pulau Bacan,” ujar Ali, kepada kieraha.com, Jumat, 21 Juni 2024.

BACA JUGA  Pemda Halmahera Selatan Raih Juara 1 Desain Stand Booth Terbaik 2024

Ali mengemukakan, kegiatan Napak Tilas tersebut dalam rangka mengulangi sejarah perjalanan Sultan Muhammad Al Bakir sebagai Sultan Bacan yang pertama, dan juga sebagai potret berdirinya Kesultanan Bacan di Halmahera Selatan.

Festival yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 23 – 26 Juni 2024 ini, lanjut Ali, juga menampilkan kegiatan lainnya berupa Kirab Budaya dan Expo Kuliner. *