Perusahaan Tambang di Halmahera Selatan Diminta Prioritas Pekerja Lokal

Avatar photo
Noce Totononu/Abdul Anas Barmawi/kieraha.com

Bupati Halmahera Selatan, Bassam Kasuba mewanti-wanti perekrutan karyawan yang dilakukan perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Kabupaten setempat. Ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah dalam menekan angka pengangguran.

“Karena itu Pak Bupati berharap agar orang lokal menjadi prioritas utama dalam rekrutmen karyawan. Dan saya yakin pihak perusahaan bisa memahami maksud dan tujuan mengapa buruh lokal yang harus diutamakan,” kata Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Halmahera Selatan, Noce Totononu, kepada kieraha.com, Senin 1 Juli 2024.

Noce menyebutkan, rekrutmen karyawan tambang saat ini sedang dilakukan oleh PT Kurnia Permai Sentosa, salah satu perusahaan tambang nikel yang beroperasi di Pulau Obi.

BACA JUGA  3 Kadis Ini Akan Dampingi Bupati Halmahera Selatan ke Slovakia

“Kebetulan ada 600 orang yang akan direkrut. Jumlah karyawan ini terdiri dari 300 tenaga skil dan 300 lagi tenaga non skil. Adanya penerimaaan karyawan ini kami berharap yang diterima semuanya warga lokal,” lanjutnya.

Noce juga berharap, kepada setiap perusahaan tambang yang beroperasi di Halmahera Selatan agar membuka peluang kerja bagi masyarakat setempat dengan memberikan pelatihan sesuai kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan.

“Dengan begitu setiap calon pekerja yang mau melamar di perusahaan sudah memiliki skil atau keahlian dan siap dipakai sesuai kebutuhan perusahaan,” sambungnya. *