Kepala Disarpus Tinjau Proyek Pembangunan Depo Arsip di Sofifi

Avatar photo
Kepala Disarpus saat meninjau langsung progres pembangunan gedung depo arsip, Minggu 16 Oktober 2022. (kieraha.com)

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan atau Disarpus Maluku Utara, Muliadi Tutupoho turun langsung mengecek progres pembangunan gedung depo arsip, di Sofifi, Minggu 16 Oktober 2022.

Dalam peninjauan ini, Kepala Disarpus membawa konsultan pengawas hingga Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan ke lokasi proyek.

BACA JUGA Progres Pembangunan Depo Arsip Milik Disarpus Maluku Utara di Sofifi

Proyek yang dikerjakan oleh CV Dwi Tolire Pratama itu menuai sorotan karena diduga hanya mengerjakan 6 tiang pancang pada pekerjaan tahap satu dan dua. Sorotan ini ditepis langsung oleh konsultan pengawas Sufri dan PPTK Ainul Fikri.

Sufri bahkan menyatakan bahwa pekerjaan ini sudah selesai untuk tahap satu dan tahap dua sudah 40 persen lebih.

“Hingga saat ini total tiang pancang sudah 36 buah. Tiang pancang yang sudah terpasang ini dengan kedalaman 8 meter,” ujar Sufri.

Ia menuturkan, tiang pancang yang dimaksud dalam proyek adalah awal dari pekerjaan struktur akibat tanah basah. Tiang tersebut dipatok ke dalam tanah guna memindahkan beban dari konstruksi di atasnya ke lapisan tanah keras yang letaknya mencapai hingga 8 meter dari permukaan.

“Jadi tiang itu jelas tidak terlihat, namanya juga tiang pancang otomatis dipatok ke dalam,” katanya.

PPTK Ainul Fikri menambahkan, progres pekerjaan yang sudah mencapai 42 persen lebih pada tahap dua ini pun belum dilakukan pencairan anggaran.

“Untuk anggaran kita baru mau mengusulkan. Dan sampai saat ini belum sepeserpun memakai anggaran proyek ini,” jelasnya.

Kepala Disarpus Muliadi Tutupoho menyampaikan apresiasi kepada pihak rekanan karena sejauh ini baru menggunakan anggaran nol rupiah.

“Pekerjaan ini tidak ada uang muka. Semua dibayar sesuai termin. Dan sampai saat ini baru dalam tahap pengusulan termin I,” lanjutnya.

Menurutnya, pekerjaan yang dilaksanakan ini sudah sesuai RAB. Kendati begitu ia meminta agar pekerjaan ini dapat terlaksana sesuai waktu pekerjaan. *