Dispar Kota Ternate Sambut Penerbangan Perdana Lion Air dari Surabaya

Avatar photo
Dispar Kota Ternate
Penyambutan penerbangan perdana Lion Air Surabaya-Ternate, di Bandara Sultan Babullah, Kota Ternate, Kamis 18 Januari 2024. (kieraha.com)

Maskapai Lion Air resmi membuka penerbangan langsung dari Surabaya tujuan Ternate, Maluku Utara pada Kamis 18 Januari 2024.

Kedatangan penumpang dalam penerbangan perdana dari juga turut disambut oleh Dinas Pariwisata Kota Ternate yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Ternate Imran Baasalem, dan Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Kota Ternate Mohtar M Ibrahim, dengan turut mengalungkan syal batik Mayana Ecoprint Ternate.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kota Ternate Rustam Pandjab menyambut baik pembukaan direct flight tersebut. Menurutnya, penerbangan langsung itu sangat membantu pengembangan dan promosi destinasi pariwisata di kota setempat.

BACA JUGA  Pemda Halmahera Selatan Lepas 194 JCH Menuju Ternate

Hal ini karena, lanjut Rustam, dengan city branding Ternate Kota Rempah adalah pintu gerbang masuk ke seluruh wilayah di Maluku Utara. Dengan begitu, para wisatawan, baik solo traveler maupun turis lokal dan mancanegara bisa memiliki pilihan penerbangan langsung dari Lion Air ini.

“Kami tadi mengalungkan syal Mayana Ecoprint kepada penumpang Lion Air yang tiba maupun berangkat dalam rangka memperkenalkan salah satu UMKM lokal yang ada di sini, di Ternate Kota Rempah,” tuturnya.

Airport Manager Lion Group Ternate Irawan Ijom menyatakan, penerbangan perdana Lion Air dari Surabaya-Ternate berangkat pukul 06.00 WIB dan mendarat pada 11.00 WIT, dengan nomor penerbangan JT 868 SUB-TTE.

BACA JUGA  Daftar Pejabat yang Dikembalikan ke Posisi Semula oleh Pj Gubernur Malut

Sementara dari rute sebaliknya, lanjut Irawan, pada hari yang sama, dengan nomor penerbangan JT 869 TTE-SUB, yang dijadwalkan berangkat pukul 11.45 WIT siang dan tiba 12.45 WIT.

BACA JUGA Dispar Ternate Gelar Pemberdayaan Pelaku Usaha Kreatif Pengrajin Tuala Lipa

Dispar Kota Ternate
Sekretaris Dispar Kota Ternate Imran Baasalem bersama Lion Group Ternate, di Bandara Sultan Babullah, Kota Ternate, Kamis 18 Januari 2024. (kieraha.com)

Ia mengatakan, tipe pesawat yang digunakan untuk melayani penerbangan langsung Surabaya-Ternate ini adalah 737-800NG, yang dipiloti oleh Capt Eko Sulistiono Setiawan, Co Pilot Heru Siswanto dan FA 1 Meutia Riandi, dengan kapasitas penumpang 130 orang.

“Penerbangan ini akan dilakukan setiap hari,” tambahnya.*