Stok Kebutuhan Pokok di Ternate Dipastikan Aman hingga Selesai Lebaran

Avatar photo
Sidak kebutuhan pokok di Ternate. (Kieraha.com)

Tim Khusus Pengawasan Bahan Kebutuhan Pokok jelang Ramadan di Ternate, menyisir sejumlah agen, toko hingga pedagang untuk memastikan stok dan harga jual tidak melampaui Harga Eceran Tertinggi.

Tim yang terdiri dari TNI, Polri, Kejaksaan, KSOP, Dinas Ketahanan Pangan, Disperindag, Dishub dan Diskomsandi wilayah Ternate ini melakukan pemantauan di sejumlah agen dan pusat perbelanjaan.

“Kita menyebar di 12 agen distribusi minyak dan bahan pokok lainnya termasuk pusat perbelanjaan hingga pedagang. Ini untuk mengecek harga jual bahan kebutuhan pokok tersebut,” ucap Kadis Perindag Kota Ternate, Hasyim Yusuf, usai sidak, Senin (21/3/2022).

BACA JUGA  Stok dan Harga Bahan Pokok di Tidore Stabil Jelang Idul Adha

Ia mengatakan, dari hasil sidak yang dilakukan, sejumlah bahan kebutuhan pokok termasuk minyak goreng bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga selesai Lebaran Idul Fitri 2022.

“Untuk minyak goreng, sekarang ada yang masuk lagi, terus pada tanggal 30 Maret nanti ada juga pengiriman yang masuk, serta 15 April nanti ada yang masuk lagi, jadi diperkirakan stok mencukupi hingga usai lebaran Idul Fitri nanti,” jelas Hasyim.

Saat ditanya mengenai harga minyak goreng, lanjut Hasyim, sudah ada perubahan, sebab yang subsidi hanyalah minyak curah, oleh karenanya, pihak Disperindag Kota Ternate akan memperketat pengawasan di tingkat pedagang.

“Kita akan koordinasi lagi dengan distributor dan pedagang, agar jangan terlalu tinggi menjual hingga melampaui harga eceran tertinggi, bila ada biaya tambahan seperti angkut dan lainnya ya sewajarnya saja, dan jangan terlalu mahal,” ucapnya.

BACA JUGA  Stok dan Harga Bahan Pokok di Tidore Stabil Jelang Idul Adha

Hasyim bilang, untuk harga terigu, gula, dan beras masih aman karena stoknya masih tersedia dan mencukupi hingga beberapa bulan kedepan.

“Kami akan pantau terus, termasuk di pelabuhan melalui KSOP, sehingga pasokan yang tiba bisa segera diawasi hingga ke tingkat pedagang. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir dan berbelaja secara berlebihan karena stok kebutuhan pokok ini tersedia hingga usai lebaran nanti,” tutup Hasyim. *

Zaky Nino