Wali Kota Tauhid Soleman Perkenalkan Produk UMKM Khas Ternate di Belanda

Avatar photo
Salah satu produk UMKM khas Ternate yang dipamerkan di Belanda. (Dok pribadi)

Kegiatan Sharing Cities yang digelar Jaringan Kota Pusaka Indonesia atau JKPI di Belanda, dimanfaatkan secara maksimal oleh Wali Kota Ternate, Dr M Tauhid Soleman.

M Tauhid Soleman yang juga salah satu kepala daerah yang ikut dalam rombongan JKPI ke Belanda ini dengan misi menjadikan momen kunjungan ke negeri kincir angin tersebut untuk memperkenalkan produk UMKM khas Ternate berbahan rempah.

Produk UMKM yang dipamerkan Wali Kota Ternate berupa kopi rempah, teh rempah, coklat rempah, kayu manis bubuk, pala bubuk, kenari gula merah, dan berbagai produk UMKM lainnya.

“Dengan kesempatan kunjungan kami ini, Pemerintah menampilkan berbagai produk UMKM yang berbahan baku rempah dan hasil olahannya sebagai karakter khas produk Kepulauan Rempah (The Spice Islands),” sebut M Tauhid dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu 20 Mei 2023.

BACA JUGA  Klinik Terapi Akupuntur Kembali Dibuka di Ternate Utara

Menurut Tauhid, produk UMKM berbahan rempah yang dipromosikan ini memiliki banyak peminat dan mendapat perhatian serius dari para investor yang ada di Belanda. Bahkan, lanjut Tauhid, kopi rempah menjadi rebutan para investor di negara tersebut.

“Produk UMKM khas Ternate yang dipamerkan ini sebagai upaya Pemkot Ternate untuk membranding Ternate Kota Rempah dengan memanfaatkan potensi lokal tanpa melupakan nilai keberlanjutan dan kelestarian,” kata Tauhid.

BACA JUGA Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Kota Ternate Resmi Dikukuhkan

Ia berharap, adanya kunjungan ini dapat membuka dan memperluas jejaring serta meningkatkan inovasi atas produk lokal dan berkolaborasi melaksanakan pembangunan di daerah dan lintas daerah secara global.

BACA JUGA  Klinik Terapi Akupuntur Kembali Dibuka di Ternate Utara

“Karena itu Kota Ternate sudah saatnya memperkuat diri dan melakukan berbagai upaya kerjasama global dalam menjawab tantangan masa depan ini,” tambahnya. *