Disarpus Tidore Gelar Sosialisasi Penyelenggaraan Kearsipan

Avatar photo
Momen foto bersama usai kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Kearsipan untuk OPD di lingkup Pemkot Tidore, di Ruang Rapat Walikota, Jumat 10 Maret 2023. (Dok humas/kieraha.com)

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah atau Disarpus Kota Tidore Kepulauan, menggelar Sosialisasi Penyelenggaraan Kearsipan untuk OPD lingkup Pemkot setempat, di Lantai II Ruang Rapat Walikota Tidore, Jumat, 10 Maret.

Kegiatan yang dihadiri secara langsung oleh Arsiparis Madya Arsip Nasional Rini Susilowati ini dipimpin Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain. Hadir Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM Yakub Husain, Plt Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Rudi Ipaenin, dan pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan.

Taher mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dalam rangka memberikan pemahaman terkait kearsipan secara utuh. Terutama masalah atau kendala yang dihadapi oleh OPD setempat.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Intens Ikut Rakor Pengendalian Inflasi 2024

“Terkait dengan pengelolaan arsip di Tidore Kepulauan ini, ada beberapa hal yang menjadi permasalahan, sehingga memerlukan penjelasan dan dukungan dari ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia), seperti terbatasnya SDM di Bidang Kearsipan, terbatasnya tempat arsip di lingkungan OPD, hingga sinergitas antar instansi yang belum maksimal,” ujar Taher.

Rini Susilowati menyampaikan, hubungan arsip nasional dengan arsip daerah Pemerintah Kota Tidore sejak dulu sudah memiliki kedekatan. Diantaranya ditemukan berbagai arsip dari zaman kerajaan hingga zaman reformasi tersajikan di Kantor Arsip Nasional RI.

“Begitu melihat arsip terkait jalur rempah, saya merinding karena ada Tidore, ini luar biasa, (sehingga) saya simpulkan bahwa Tidore ini adalah suatu tempat bersejarah, yang berhubungan dengan sejarah dunia tentang persebaran rempah-rempah pada waktu itu, juga berhubungan dengan empat kerajaan besar; Ternate, Tidore, Bacan, Jailolo, itu arsip bersejarahnya yang ada di tempat kami (Kantor Arsip Nasional RI),” ucap Rini.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Intens Ikut Rakor Pengendalian Inflasi 2024

Pembina Kearsipan Wilayah Maluku Utara itu menambahkan, terkait dengan dokumen arsip Pemkot Tidore ke depan harus diselamatkan, agar dapat dijadikan arsip sejarah.

BACA JUGA Pria 19 Tahun Diamankan Polisi Saat Ambil Paket Ganja Kiriman Papua di Tidore

Ade Rakib, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore berharap, kegiatan ini dapat terus ditindaklanjuti oleh masing-masing pimpinan OPD kota setempat, karena telah dilaksanakan juga Bimbingan Teknis terhadap Arsiparis di lingkup OPD beberapa bulan lalu.

“Saya merasa berkewajiban untuk menghadirkan Arsiparis Madya Arsip Nasional Republik Indonesia, Ibu Rini Susilowati ini untuk memberikan sosialisasi. Mudah-mudahan kegiatan yang dilaksanakan ini dapat memberikan pemahaman kepada kita semua,” tutup Ade. *

BACA JUGA  Pemkot Tidore Intens Ikut Rakor Pengendalian Inflasi 2024

Ikuti juga berita tv kieraha di Google News