Dispora Tidore Gelar Rakor dan Sinkronisasi Program Pemuda

Avatar photo
Peserta Rakor saat foto bersama Sekda Ismail Dukomalamo, di Aula Penginapan Bongenvil, Kelurahan Soasio, Tidore, Senin 4 Maret 2024/kieraha.com

Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tidore Kepulauan, menggelar Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Kewirausahaan Pemuda, di Aula Penginapan Bongenvil, Kelurahan Soasio, Tidore, Senin, 4 Maret 2024.

Kegiatan dengan tema Pemuda Tangguh Wirausaha Maju ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dokumalamo.

Ismail menyampaikan, tantangan terbesar dalam pembangunan jangka panjang suatu daerah adalah sumber daya manusianya. Ini dapat dilihat dari produktivitas tenaga kerja yang dimiliki, rasio kewirausahaan yang masih rendah, dan juga tingkat penggangguran yang semakin tinggi karena kurang lapangan pekerjaan.

“Persoalan inilah yang harus diselesaikan dengan adanya sinergitas antara stakeholder terkait sebagai bentuk dukungan untuk menghadapi perkembangan ekonomi Indonesia kedepan.Karena itu, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan di bawah kepimimpinan Capt H Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen sudah menjabar dalam misi, yakni penguatan sumber daya manusia dan sosial budaya. Oleh karena itu kita harus menjawab tantangan pembangunan jangka panjang dengan melakukan penguatan peran pemuda sebagai potensi dan penerus masa depan,” ujarnya.

BACA JUGA  26 Tim Siap Berlaga di Indonesiana Futsal Tournament II

Mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tidore itu menambahkan, Rakor ini untuk memikirkan program-program yang tepat sasaran kepada pemuda, sekaligus untuk menyasar pertumbuhan ekonomi melalui penguatan ekspresi, pelatihan UMKM, dan pengembangan kewirausahaan pada pemuda yang akan menjadi sangat strategis sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di Tidore

“Saya berharap agar peserta kegiatan dapat mengikuti kagiatan ini dengan sebaik-baiknya, dan dapat memberi masukan yang membangun karena hal tersebut sangat penting,” lanjutnya.

Hadir dalam pembukaan Rakor tersebut, Sekretaris Dinas Sosial, Sekretaris Dinas PTSP, Kabid Dinas Perindakop, dan Perwakilan dari Bapelitbang Tidore. *