Gerak Cepat Pemkot Tidore dalam Penerbitan NIB bagi Pelaku Usaha

Avatar photo
Kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tim Pendampingan Operator Percepatan Penerbitan Izin Berusaha bagi Pelaku UMKM di Tidore yang dibuka secara resmi oleh Asisten Sekda Syofyan Saraha, Selasa 5 April 2023. (Dok humas/kieraha.com)

Pemkot Tidore menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tim Pendampingan Operator Percepatan Penerbitan Izin Berusaha bagi pelaku UMKM di wilayah Tidore Kepulauan.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Implementasi Aksi Perubahan Gerak Cepat Penerbitan Izin NIB ini berlangsung di Aula Kantor Camat Tidore, Rabu 5 April 2023.

Sekda Tidore yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Syofyan Saraha menyampaikan, sebagai penyelenggara pelayanan publik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus dilakukan transparan, mudah diakses, efektif, dan efisien.

“Oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal RI telah memberlakukan pelayanan perizinan berusaha ini secara online, yang dikenal dengan nama OSS RBA, yaitu sistem pelayanan elektronik terintegrasi yang dikelola dan diselenggarakan oleh Lembaga OSS untuk Perizinan Berusaha Berbasis Risiko,” ujar Syofyan saat membuka kegiatan tersebut.

BACA JUGA  Sosok Ayah Erik di Mata Warga Oba dan Pulau Tidore

Sofyan berharap, dengan adanya Sosialisasi dan Bimtek ini dapat mewujudkan pelayanan penerbitan izin berusaha bagi pelaku UMKM di Tidore berjalan cepat, mudah, dan murah.

BACA JUGA Akebay Pulau Maitara Masuk Desa Wisata Terbaik Indonesia 2023

“Berdasarkan data dari Dinas Perindagkop dan UKM Kota Tidore per 31 Desember 2022, terdapat 1.366 pelaku usaha yang belum memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha). Ini menjadi tantangan besar sekaligus kewajiban bagi kita semua, terutama Disperindagkop sebagai sektor pembina UMKM, dan PTSP yang berwenang dalam pelayanan dan penerbitan NIB dapat melaksanakan pelayanan penerbitan izin bagi para pelaku UMKM ini,” jelasnya.

Kegiatan yang digelar ini disosialisasikan langsung oleh Suleman Abd Radjak selaku Reformer dan diikuti oleh seluruh Lurah se Kecamatan Tidore beserta Operator. *

BACA JUGA  Pemkot Tidore Intens Ikut Rakor Pengendalian Inflasi 2024

Ikuti juga berita tv kieraha di Google News