MTQ ke 30 di Kota Tidore Resmi Dihelat

Avatar photo
Suasana malam pembukaan MTQ, di Pelataran Masjid Agung Nurul Yaqin, Kelurahan Gurabati, Kecamatan Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan, Sabtu 17 Februari 2024/kieraha.com

Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke 30 di Kota Tidore Kepulauan, resmi dibuka oleh Wali Kota Tidore, Capt H Ali Ibrahim, di Pelataran Masjid Agung Nurul Yaqin, Kelurahan Gurabati, Kecamatan Tidore Selatan, Sabtu malam, 17 Februari 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Ali Ibrahim menyebutkan, salah satu program pembangunan bidang agama di Tidore adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat. Ini diantaranya melalui kegiatan keagamaan seperti MTQ yang dihelat setiap tahunnya.

“Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam ilahi untuk meneguhkan kesucianNya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif dari kitab suci Al Quran bagi umat Islam. Tentunya dengan harapan, kegiatan ini semakin menambah kualitas Sumber Daya Manusia di lingkup masyarakat,” ucap Ali.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar Salat Id di Halaman Kantor Walikota

Ali berharap, melalui MTQ Tahun 2024 ini dapat mewujudkan tatanan masyarakat dan generasi muda Tidore yang religius dan memiliki akhlak qurani.

Wali Kota dua periode itu menambahkan, MTQ ini tidak semata-mata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al Quran, tetapi jalan mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan AlQuran.

“Melalui momentum ini, mari kita semua bertekad menjadikan kota ini sebagai daerah yang selalu aman, nyaman dan damai, serta masyarakatnya senantiasa sejahtera. Mari sama-sama kita wujudkan Tidore sebagai Kota Santri,” lanjutnya.

Sekda Ismail Dukomalamo, selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Tidore menambahkan, tujuan MTQ ini dalam rangka menyiapkan peserta terbaik dari masing-masing cabang lomba untuk berkompetisi pada MTQ Tingkat Provinsi di Sofifi.

BACA JUGA  TPID Tidore Sukses Raih Nominasi Top 3 Pengendali Inflasi

“Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari, dimulai tanggal 17 Febuari – 23 Febuari 2024 di Masjid Agung Nurul Yaqin. Jumlah peserta yang berpasrtisipasi 161 dan 82 orang pelatih yang tersebar di 8 Kecamatan se Kota Tidore Kepulauan,” sambungnya.

BACA JUGA Sekda Ismail Lepas Peserta Pawai Taaruf MTQ 2024 di Tidore

Cabang yang dilombakan pada MTQ ke 30 ini terdiri dari Tilawatil Quran, Hifzhil Quran, Syarhil Quran, Fahmil Quran, Khattil Quran, dan Karya Tulis Ilmiah Al Quran.

Kegiatan ini, sebelumnya diawali dengan pelantikan Dewan Hakim oleh Wali Kota Capt Ali Ibrahimberdasarkan SK Walikota Nomor: 18.4 Tahun 2024, tentang Pengangkatan Dewan Hakim MTQ Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024 yang diketuai oleh H Humaidy M Saleh dengan 19 Anggota dan 5 Panitera. *

BACA JUGA  Dharma Wanita Tidore Dikunjungi Tim Monev DWP Provinsi Malut