Pemkot Tidore Intens Ikut Rakor Inflasi yang Digelar Kemendagri

Avatar photo
Peserta Rakor yang digelar secara virtual oleh Kemendagri/dok humas

Pemkot Tidore Kepulauan melalui Tim Teknis Pengendalian Inflasi Daerah atau TPID, terus mengikuti Rapat Koordinasi Mingguan dengan Kementerian Dalam Negeri secara virtual.

Hadir Staf Ahli Abdul Hakim Adjam, Kabag Ekonomi Nurlaily Yasin dan pimpinan OPD yang tergabung dalam Tim TPID Kota Tidore Kepulauan.

Tomsi Tohir, Plt Sekjen Kemendagri RI saat memimpin Rakor tersebut fokus membahas tentang perkembangan harga komoditas yang menjadi pemicu inflasi di setiap daerah.

Tomsi menyebutkan, angka inflasi Nasional pada Mei 2024 turun menjadi 2,84 persen, jika dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 3 persen.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Mulai Garap RPJPD dan RDTR

“Penurunan ini tak lepas dari kerja keras kita semua, baik di tingkat Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Namun demikian, masih terdapat beberapa jenis komoditas yang masih bisa kita atasi lebih baik lagi, seperti harga cabai dan bawang,” kata Tomsi.

Ia meminta, kepada Pemerintah Daerah untuk terus memantau distribusi atau penyebaran komoditas impor agar tepat sasaran, juga dapat bekerjasama untuk terus mengatasi inflasi di daerah.

Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam usai mengikuti Rakor tersebut menambahkan, saat ini Pemerintah Kota Tidore melalui Tim TPID terus memantau harga komoditas yang ada di Kota Tidore menjelang Hari Raya Idul Adha.

BACA JUGA  Pemkot Tidore Gelar Salat Id di Halaman Kantor Walikota

Ia menginstruksikan OPD terkait agar setiap minggu atau setiap bulan dapat memantau hasil cabai rawit yang telah dibagikan kepada para petani di wilayah Kota setempat. *