STQ Tingkat Kota Tidore Kepulauan Resmi Dihelat

Avatar photo
Wali Kota Capt H Ali Ibrahim bersama Forkopimda Kota Tidore Kepulauan membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Quran ke27 yang ditandai dengan pemukulan Tifa. (kieraha.com)

STQ ke XXVII Tingkat Kota Tidore Kepulauan Tahun 2023 resmi dibuka oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H Ali Ibrahim, di Pelataran Pantai Tugulufa, Sabtu malam, 11 Februari 2023.

Ajang pembukaan STQ ini ditandai dengan pemukulan tifa oleh Wali Kota dan Forkopimda, yang sekaligus dirangkai dengan pelantikan 14 orang Dewan Hakim dan 8 orang Panitera.

Wali Kota Ali Ibrahim menyampaikan, kegiatan STQ sepatutnya menjadi daya tarik tersendiri sekaligus sebagai penyemangat untuk generasi muda dalam mempelajari ayat suci Al Quran.

“Semoga STQ ke27 Tingkat Kota Tidore Kepulauan ini dapat membawa barokah bagi seluruh masyarakat Tidore, juga sekaligus menjadi awal yang baik untuk event-event berikutnya di Pantai Tugulufa,” tutur Ali.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran

Ia menyatakan, ajang STQ ini juga sebagai momentum untuk memasyarakatkan nilai-nilai Al Quran kepada masyarakat pada umumnya. Apalagi di tengah derasnya arus modernisasi yang di satu sisi berdampak positif dan sisi lain memiliki dampak yang negatif.

“Melalui STQ ini kami berharap dapat dijadikan sebagai ruang dan media dakwah serta syiar keagamaan yang efektif, yang secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan Sumber Daya Manusia yang baik di Kota Tidore Kepulauan,” lanjut Ali.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo menambahkan, pelaksanaan STQ ini berlangsung dari tanggal 11 hingga 17 Februari 2023.

BACA JUGA  Wali Kota Tidore Pimpin Apel Gabungan Pasca Lebaran

BACA JUGA Kapolsek Tidore Utara Pesan Jaga Kamtibmas Jelang Ramadan dan Pemilu

“Secara keseluruhan jumlah peserta yang berpartisipasi pada STQ ini sebanyak 81 orang dan didampingi Official sebanyak 55 orang, dengan cabang yang dilombakan terdiri dari Cabang Tilawatil Quran, Cabang Hifzhil Quran, dan Cabang Musabaqah Hadist Nabi,” ucap Ismail.

Kegiatan STQ ini juga disuguhkan dengan stand UMKM Kota Tidore yang menjual berbagai macam varian makanan dan minuman di lokasi wisata pantai setempat. *