Tanggapan Wali Kota Tidore Soal Pandangan Fraksi Atas Ranperda APBDP 2023

Avatar photo
Tidore, DPRD, APBD
Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim berpidato saat menyampaikan Jawaban Terhadap Pandangan Umum Fraks-Fraksi atas Ranperda pada Rapat Paripurna ke 6, Masa Persidangan I Tahun 2023 DPRD Kota Tidore, di Gedung DPRD Kota Tidore Kepulauan, Selasa 5 September 2023. (dok. Humas)

Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H Ali Ibrahim menyampaikan tanggapan terhadap Pandangan Umum Fraksi atas Ranperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 serta Nota Keuangannya pada Rapat Paripurna ke 6 Masa Persidangan 1 Tahun 2023, di Gedung DPRD Kota Tidore Kepulauan, Selasa 5 September 2023.

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan, Ratna Namsa dan diikuti oleh 17 wakil rakyat dari 25 Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Forkopimda Kota Tidore, Asisten Sekda dan Staf Ahli Walikota, serta pimpinan OPD, Camat dan Lurah.

Mengawali pidatonya, Wali Kota Ali Ibrahim menyampaikan apresiasi kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan atas Pandangan Umum Fraksi DPRD terhadap Nota Keuangan dan Rancangan APBDP yang disampaikan melalui sidang paripurna sebelumnya.

BACA JUGA  Cara GOW Tidore Rayakan Hari Anak Nasional

“Ini adalah bentuk kepedulian dan keseriusan DPRD dalam melaksanakan tugas dan fungsi pengawasannya. Pemerintah Kota Tidore Kepulauan mengucapkan terima kasih kepada Fraksi-Fraksi DPRD Kota Tidore Kepulauan atas saran dan masukan terhadap penyampaian Nota Keuangan dan Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023,” tutur Ali.

Ia menyatakan, tanggapan atau jawaban terkait pandangan umum dari Fraksi Nasdem tentang PAD, oleh Pemerintah Kota akan secara serius memperhatikan target pencapaian pendapatan daerah, khususnya Retribusi Daerah melalui Evaluasi Pengelolaan Retribusi, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Peningkatan Kesejahteraan Petugas.

“Peningkatan kinerja Aparatur telah lama menjadi fokus Pemerintah Daerah melalui pemberian TTP dan pembayaraan gaji tepat waktu yang telah diperhitungkan secara akurat. Adapun terkait pembayaran hutang kepada pihak ketiga telah disesuaikan dengan laporan keuangan, sedangkan kenaikan 14 persen belanja tidak terduga diperuntukkan untuk mengantisipasi penanganan keadaan darurat,” lanjut Ali.

BACA JUGA  Daftar Terbaru Harga Bapok di Tidore

BACA JUGA Wali Kota Tidore Hadiri Paripurna Pandangan Fraksi RAPBDP 2023

Untuk pelaksanaan Hari Nusantara, kata Ali, Pemerintah Kota setempat juga telah menyediakan dukungan anggaran sehingga diharapkan dapat menggerakkan Perekonomian Daerah, sedangkan terkait dengan pengelolaan SPAM Sofifi, Pemerintah Kota berkomitmen memperhatikan kebutuhan pelayanan dasar kepada masyarakat dengan mengalokasikan anggaran operasional untuk 3 bulan ke depan.

“Tantangan penyelenggaraan pemerintah daerah akan semakin kompleks dan variatif, untuk itu diperlukan kerjasama, sinergitas dan kolaborasi antar pihak, terutama dukungan dari DPRD Kota Tidore Kepulauan dalam pencapaian visi Tidore Jang Foloi,” tutupnya. *