Bupati Halsel Resmikan Masjid dan Jembatan Bantuan Harita Nickel

Avatar photo
Proses serah terima secara simbolis dari Perusahaan kepada Bupati/dok Humas Harita Nickel

Dalam rangka memberikan dampak positif dan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat lingkar tambang, perusahaan pertambangan dan industrialisasi nikel terintegrasi berkelanjutan, PT Trimegah Bangun Persada Tbk atau Harita Nickel, di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, melakukan pengerjaan sejumlah proyek, antara lain renovasi dan pembangunan sarana peribadatan berupa masjid serta musala, dan juga fasilitas infrastruktur untuk kebutuhan mobilisasi warga berupa jembatan.

Pada hari Sabtu (2 Maret 2024) telah dilaksanakan kegiatan peresmian untuk seluruh proyek tersebut yang turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Halmahera Selatan, Hasan Ali Bassam Kasuba. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada Harita Nickel atas kontribusi dan dukungan perusahaan sebagai bentuk kepedulian sesama umat beragama.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Desa Soligi, kami mengucapkan terima kasih. Tentunya ini sejalan dengan visi dan misi pemerintah membangun dengan landasan keimanan,” ucapnya.

BACA JUGA  Disnakertrans Halmahera Selatan Bakal Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi

Bupati juga berpesan kepada masyarakat agar dapat memakmurkan masjid dan musala, baik itu shalat maupun kegiatan keagamaan lainnya, sehingga ke depan akan dapat melahirkan generasi yang cinta agama, berakhlakul karimah, taat, serta berbakti pada kedua orang tua, juga bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Soligi, Madaisi La Siriali, dalam sambutannya menyebutkan, pihaknya tak hentinya mengucap rasa syukur, karena bangunan yang dibangun Harita Nickel merupakan keinginan masyarakat desa yang sudah lama dinantikan.

“Subhanallah, maha suci Allah berkat bantuan dari pihak perusahaan yang telah membangun serta merenovasi fasilitas peribadatan di desa kami, ini sebuah motivasi bagi kami untuk terus beribadah mengasah keimanan serta memperkuat ukhuwah islamiyah. Selain itu, ucapan terima kasih yang tak terhingga pada pihak perusahaan atas dibangunnya Jembatan Air Soligi, sebuah berkah bagi kami masyarakat Desa Soligi tahun ini bisa memiliki jembatan. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Bapak Bupati yang selalu mendukung dan memberikan pesan agar kami senantiasa selalu sabar dan bersyukur dalam kondisi apapun. Terima kasih, Pak Bupati,” lanjutnya.

BACA JUGA  100 Imam Masjid di Halmahera Selatan Bakal Umroh Gratis

Sementara itu, Head of External Relations Harita Nickel, Latif Supriadi, mengatakan bahwa pembangunan musala dan jembatan berjalan sesuai target. Pengerjaan musala dimulai pada akhir September 2023 dan selesai pada bulan Desember 2023. Sedangkan pembangunan jembatan membutuhkan waktu 3 bulan, dimulai pada awal Oktober 2023 dan selesai pada Januari 2024.

“Musala akhir September dimulai pengerjaan dan Desember selesai, sedangkan jembatan kami kerjakan awal Oktober dan selesai Januari 2024, ini merupakan salah satu bentuk komitmen Harita Nickel kepada masyarakat dalam bentuk pemenuhan sarana peribadatan dan akses mobilisasi masyarakat, hal ini berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat dalam mempermudah aktivitas dengan berbagai sarana tersebut,” tuturnya.

Jembatan tersebut memiliki spesifikasi lebar 4,8 meter dan panjang 10 meter. Sedangkan untuk musala berukuran 13 x 17,5 m: 227,5 m2 tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan pendukung seperti kipas angin, lemari, Al Quran, jam dinding, sajadah, mukena, sarung, gorden pemisah, hingga fuel genset, dan juga paket sound system yang masih dalam proses pengiriman. Musala yang telah selesai dibangun kemudian diberikan nama Musala Al Aqhirra. Selain itu, Harita Nickel juga merenovasi Masjid Al Baqi dengan melakukan pengecatan, perapian mimbar, perbaikan dak atap, dan pengaplikasian lapisan waterproofing serta perapian jaringan elektrikal yang memadai.

BACA JUGA  Pemda Halmahera Selatan Bangun 50 Rumah tak Layak Huni

Acara diawali dengan pemotongan pita di Jembatan Air Soligi dan Musala Al-Aqhirra, sekaligus pengecekan fasilitas pendukung di dalamnya, dilanjutkan dengan pengecekan renovasi Masjid Al Baqi dan ditutup dengan penampilan seni budaya perwakilan dari siswa SD, SMP, dan SMA setempat. *