oleh

Sudah 7 Paslon yang Diusung PDIP pada Pilkada di Maluku Utara

PDI Perjuangan sudah mengumumkan sebanyak tujuh pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang maju pada Pilkada 2020 di wilayah Provinsi Maluku Utara.

Nama-nama pasangan calon yang diusung DPP PDIP itu, pada gelombang pertama terdapat nama pasangan calon Ali Ibrahim-Muhammad Sinen dari Tidore, gelombang kedua Merlisa Marsaoly-Juhdi Taslim dari Ternate, dan pada gelombang ketiga yang diumumkan pada 11 Agustus terdapat lima pasangan calon untuk lima kabupaten di Provinsi Maluku Utara.

Masing-masing pasangan calon yang diumumkan pada tahap tiga itu untuk pasangan Danny Missy-Imran Lolori dari Halmahera Barat, Usman Sidik-Hasan Ali Bassam dari Halmahera Selatan, Joel Wagono-Said Badjak dari Halmahera Utara, Fifian Adeningsi Mus-Saleh Marasabessy dari Kepulauan Sula, dan Muhaimin Syarif-Safrudin Mohalisi dari Taliabu.

Nama-nama para calon yang diusung PDIP itu diumumkan Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Jakarta. Pengumuman dimulai dari calon kandidat yang maju di wilayah Indonesia Timur.

Pengumuman ini merupakan gelombang ketiga untuk 78 pasangan calon termasuk lima dari Maluku Utara. Sebelumnya, PDIP juga mengumumkan 48 pasangan calon pada gelombang pertama, dan pada gelombang kedua sebanyak 45 pasangan calon. Pada pilkada ini akan digelar serentak di 270 daerah, yaitu 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Maluku Utara, Irfan Hasanudin, ketika dikonfirmasi kieraha.com, mengatakan setelah rekomendasi itu diumumkan kepada pasangan bakal calon tersebut, maka partai mengamanatkan seluruh kandidat yang diusung tersebut agar bekerja keras untuk memenangkan pertarungan yang akan dihelat pada 9 Desember nanti.

“Juga kepada seluruh kader PDIP dari pengurus tingkat wilayah sampai tingkat paling bawah bertanggungjawab memenangkan kandidat yang telah diputuskan DPP, ” ucap Irfan.

Irfan menegaskan, rekomendasi yang telah diputuskan DPP tersebut, merupakan ketetapan final DPP PDI Perjuangan. Seluruh rekomendasi DPP PDIP tersebut tidak ada lagi perubahan.

Irfan menyatakan, terkait koalisi partai, hingga saat ini untuk tujuh nama calon yang diusung tersebut seluruhnya sudah memenuhi syarat untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum.

Sementara, untuk pilkada di Halmahera Timur, lanjut Irfan, saat ini sedang dalam persiapan.

“Nama pasangan bakal calon untuk pilkada di Halmahera Timur itu administrasinya sedang dalam persiapan dan akan diumumkan serentak pada gelombang empat,” tambahnya.

Irawan Lila
Author
Bagikan Kabar Anda