oleh

Tabligh Akbar dan Zikir Bersama Warnai Malam Tahun Baru di Ternate

Dipenghujung tahun 2019 menyambut tahun baru 2020, Polda Maluku Utara bekerjasama dengan Pemerintah Kota Ternate, menggelar tabligh akbar dan zikir bersama di Jalan Pahlawan Revolusi, Kelurahan Muhajirin, Kecamatan Ternate Tengah, Selasa malam.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keberagaman antar warga di Kota Ternate dan Maluku Utara dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Pengamatan Kieraha.com, tampak antusias ribuan warga Kota Ternate mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memadati sepanjang jalan yang disediakan panitia acara tersebut.

Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Suroto, mengatakan kegiatan yang diselenggarakan ini dalam rangka pengalihan budaya dalam menyambut malam pergantian tahun baru.

Langkah ini diambil, menurut Suroto, sebagai bentuk intropeksi bersama dalam menyambut pergantian tahun dengan menggelar kegiatan-kegiatan yang bersifat positif.

“Mudah-mudahan dengan perayaan malam tahun baru ini, kita bukan mengisinya dengan kegiatan hura-hura, tetapi dengan kegiatan positif, berzikir untuk menghadap serta bermunajat kepada Allah SWT. Semoga pada tahun 2020 kita lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, sehingga diberikan rahmat dan hidayah oleh Allah SWT,” ucapnya.

Wali kota Burhan Abdurahman berharap, melalui kegiatan tersebut, Kota Ternate dan Maluku Utara senantiasa mendapatkan keberkahan dan dijauhkan dari marabahaya.

“Semoga dengan kegiatan zikir menyambut tahun baru 2020 ini, insya Allah nikmat Allah SWT selalu diturunkan di Kota Ternate dan Maluku Utara,” sambungnya.

Ustadz Derry Sulaiman saat membawakan ceramah di acara tabligh akbar dan zikir bersama menyambut malam tahun baru 2020 di Kota Ternate. (Kieraha.com)

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba menambahkan, dengan digelarnya kegiatan ini, dapat membawa Indonesia lebih aman, damai, dan saling menyayangi antar sesama.

Maida Haji Samad, salah satu warga Ternate, menyatakan, perayaan menyambut malam tahun baru di Ternate dengan zikir bersama, merupakan langkah yang paling efektif.

“Sebab Ternate ini merupakan kota religius (dengan moto Kota Agamais), maka kegiatan seperti inilah yang diharapkan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” tambahnya.

Ia berharap, kegiatan semacam ini menjadi tradisi rutin masyarakat di Kota Ternate dalam menyambut perayaan malam tahun baru. “Saya senang dengan model baru perayaan tahun di Kota Ternate ini. Semoga ini terus dikembangkan dan dijadikan sebuah tradisi,” ucapnya.

Dalam kegiatan tabligh akbar dan zikir bersama tersebut, juga disuguhi dengan ceramah yang disampaikan oleh penceramah kondang Ustadz Derry Sulaiman.

Irawan Lila
Author
Bagikan Kabar Anda