oleh

Tips Hilangkan Rasa Malas Belajar ala Mahasiswa Kebidanan

Malas adalah sifat perasaan manusiawi yang enggan melakukan sesuatu serta tidak ada keinginan terhadap suatu aktivitas tertentu.

Bicara soal malas sebenarnya punya orientasi yang luas. Bisa juga rasa malas yang timbul karna kebiasaan seseorang yang bermalas-malasan dan keadaan lingkungan yang membuatnya terpengaruh.

Apalagi sekarang kita dihadapkan untuk menjawab tantangan teknologi, semua hal logis dengan modernisasi, sehingga banyak memicu rasa malas dalam diri.

Banyak orang punya cara belajar yang berbeda dalam menepis rasa malas, ada yang memulai dengan memotivasi diri dan masih banyak lagi.

Berhubung saya juga seorang mahasiswi, berikut ini beberapa tips dari saya untuk menghilangkan rasa malas tersebut.

  1. Tulislah mimpi besarmu dimanapun yang sering dilihat

Niat baik dari awal akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Karena terkadang manusia sering lupa dan khilaf terhadap apa yang telah diniatkan (semoga kalian tidak yah hehe).

Berani mengimplementasikan mimpi besar adalah sesuatu hal yang luar biasa, misalnya mimpi besar kamu adalah menjadi seorang Jurnalis yang handal kamu boleh menulis mimpi kamu di dinding kamar, buku harian, meja belajar dan bahkan di wallpaper HP kamu. Pokoknya di tempat yang sering kamu lihat setiap harinya.

Ini dilakukan guna mengingatkan kamu untuk terus belajar dan belajar menggapai mimpi.

  1. Pikirkan hal-hal apa saja yang merugikan dirimu jika tidak belajar

Ketika seseorang membuat asumsi kasar di kepala tentang dampak yang akan didapat jika tidak belajar, percayalah keinginan belajar akan semakin meningkat.

Takut akan penyelasan di kemudian hari, tidak masalah jika suka duka belajar dimulai dari sekarang. Karena yang abadi di sana hanyalah kebahagian dan kesengsaraan.

Mengingat ada sesuatu yang lebih penting dari sekedar hura-hura, yakni belajar untuk menata masa depan lebih awal. Ketika teman sebaya kamu sibuk akan penyesalan, maka kamu telah sibuk berpikir membuat rencana lain untuk masa depan kamu.

  1. Jangan lupa bergaul dengan teman-teman yang suportif

 Lingkungan juga masuk dalam proses pembentukan karakter seseorang, teman-teman yang punya kebiasaan belajar akan memotivasi kita untuk hal-hal yang positif.

  1. Jangan lupa berdoa dan terus semangat

Doa adalah jembatan untuk menuju kesusksesan. Usaha tanpa doa bagaikan benang basah yang ditegakkan (sia-sia). Dengan memperdalam spiritualitas akan membuat kamu semakin giat dalam belajar. Jangan lupa untuk terus semangat dalam berjuang dan tetap berusaha, mungkin bukan sekarang tapi nanti, jangan pernah pantang menyerah karena mimpi kamu sedang menunggu di depan.

Terakhir dari saya adalah belajarlah mulai dari sekarang, masa depan kita masih cukup panjang, serta begitu banyak rintangan yang selalu datang menantang.

Tidak salah jika usia kita yang sekarang dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas diri dengan terus belajar. Ingatlah kata Menyesal, ingat juga bagaimana perjuangan orangtua. *

Nurunnisa Hafel
Penulis

==========

Penulis adalah Presiden Mahasiswa Kampus Putih Poltekkes Kemenkes Ternate

BAGIKAN