oleh

Tradisi Joko Kaha Sambut Pangdam Pattimura di Maluku Utara

Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara, Selasa pagi (5/12/2017). Kedatangan Pangdam disambut dengan tradisi joko kaha atau injak tanah (yang merupakan tanda penghormatan bagi pejabat yang baru pertamakali menginjakan kakinya di bumi Ternate).

Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru Darujito mengemukakan, kunjungan Pangdam dalam rangka mengecek kesiapan Rapat Pimpinan TNI pada 8-10 Desember 2017. Yang akan digelar di atas KRI dengan lokasi embarkasinya di Kota Ternate.

Pangdam Pattimura beserta rombongan tiba di Bandara Sultan Babullah, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara, menumpangi pesawat komersil Pangdam. Kedatangannya disambut gubernur Abdul Gani Kasuba dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Maluku Utara, juga Danlanal Ternate Kolonel Laut (P) Rizaldi dan pejabat utama Korem 152/Babullah.

BACA JUGA

Kisah Heroik Prajurit TNI di Balik Bencana

Setelah dari bandara, Pangdam Pattimura bersama rombongan bertolak menuju Tidore menggunakan KMC Komando. Dalam kunjungan tersebut, Pangdam melakukan silaturahmi di Kesultanan Tidore dan bertemu Sultan Husain Sjah, serta tetua adat di Desa Gurabunga, Kota Tidore Kepulauan.

Foto bersama di Kesultanan Tidore

Usai lawatannya, Pangdam kembali ke Kota Ternate dan dilanjutkan menerima paparan tentang kesiapan pelaksanaan kegiatan Rapim TNI yang akan dihadiri oleh Panglima TNI, Kepala Staf Angkatan dan para pejabat utama di jajaran Tentara Nasional Indonesia.

Pada kegiatan Rapim TNI ini akan diawali dengan sejumlah kegiatan sosial. Di antaranya operasi katarak, pengobatan umum, operasi sumbing bibir, khitanan massal, pengobatan gigi, pembagian kacamata baca, pembagian alat bantu dengar, dan pembagian kursi roda.

Editor: Redaksi

Bagikan Kabar Anda

Komentar