oleh

Tujuan Diresmikannya Samsat Apung di Ternate

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian meresmikan Samsat Apung di Ternate. Samsat ini akan melayani masyarakat di pulau-pulau kecil wilayah Maluku Utara.

“Samsat apung ini adalah yang pertama di Indonesia dan alhamdulillah mendapatkan penghargaan dari MURI,” kata Kapolri dalam sambutannya, di lokasi Pelabuhan Ahmad Yani, Ternate Tengah, Sabtu (27/1/2018).

Samsat Apung tersebut tercipta atas kerja sama Direktorat Lalu Lintas Polda Malut, Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Jasa Raharja dan BRI. Samsat Apung tersebut berada di atas Kapal Bahtera Seva III Teras BRI.

BACA JUGA

Ancaman Buat Ibunda di Pulau Terpencil

Tradisi Injak Tanah Sambut Kapolri di Ternate

Maluku Utara Akan Miliki Perda Zonasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil 

Pada provinsi berjuluk Negeri Kepulauan Rempah itu 80 persen wilayahnya adalah laut, dan sebagian besar terdiri dari pulau-pulau kecil. Tujuan diresmikannya Samsat Apung ini untuk memudahkan masyarakat di pulau-pulau kecil dalam membayar pajak.

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Achmat Juri menambahkan, Samsat Apung ini akan melayani masyarakat secara mobile di 10 Kabupaten Kota yang ada di Malut.

“Peresmian ini rencananya dilaksanakan pada Maret nanti, akan tetapi menyesuaikan dengan waktu Kapolri dengan adanya Kunjungan Kerja di Malut, sehingga Samsat Apung akhirnya diresmikan,” kata Kapolda.

“Dengan adanya Samsat Apung ini kedepannya dapat meningkatkan PAD dari sektor pajak kendaraan, dan mewujudkan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses fasilitas milik pemerintah dalam hal inovasi dan teknologi khususnya di bidang regident,” ujar Kapolda lagi.

BAGIKAN

Komentar