Harapan Warga Desa Pastabulu di Sula Setelah Festival Nelayan Dihelat Agustus Nanti

Persiapan warga dalam menyambut Festival Desa Nelayan Pastabulu. (Fuat Bahnan/kieraha.com)

Festival Desa Nelayan Pastabulu yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 23 hingga 28 Agustus 2022 semakin matang.

Festival yang berlangsung di Desa Pastabulu, Kecamatan Mangoli Utara, Kabupaten Kepulauan Sula, ini merupakan festival pertama di wilayah Mangoli Utara.

BACA JUGA Pasir Cantik Merah Muda di Pulau Seho Taliabu Ini Wajib Dikunjungi

Festival dengan tema Mendulang Emas Biru, Nelayan Tumbuh dan Ekonomi Maju ini didukung penuh oleh warga masyarakat dan pemerintah desa setempat.

Kepala Desa Pastabulu Hamdani Umasugi mengemukakan, Festival Desa Nelayan Pastabulu akan menampilkan potensi alam dan laut yang dimiliki Desa Pastabulu.

“Kami belum menargetkan jumlah pengunjung yang akan hadir dalam festival ini karena masih tahap promosi untuk diperkenalkan ke luar. Namun setelah event ini, akan kami sampaikan ke Pemda Kepulauan Sula agar Desa Pastabulu dapat diusulkan ke Kementerian Pariwisata dan Ekraf RI untuk masuk dalam lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023,” ujar Hamdani, kepada kieraha.com, melalui pesan WhatsApp, di Ternate, Minggu 24 Juli.

BACA JUGA Warga Bali Terpesona dengan Keindahan Teluk U dan Bawah Laut Pastabulu di Sula

Kesiapan warga menyambut festival nelayan di Desa Pastabulu. (Fuat Bahnan/kieraha.com)
Kesiapan warga menyambut festival nelayan di Desa Pastabulu. (Fuat Bahnan/kieraha.com)

Ia menyatakan, kesiapan pelaksanaan event tersebut sudah dilakukan sejak awal tahun 2022. Festival itu dilakukan sebagai ajang promosi kepada pelancong pariwisata yang senang wisata pantai dengan potensi budaya, kuliner khas dan hasil laut yang kaya.

“Kami berterimakasih kepada semua pihak yang sudah jauh-jauh datang dari Ternate untuk membina dan mendidik masyarakat sini dalam rangka mensukseskan Festival Desa Nelayan Pastabulu ini. Semoga adanya event ini, daerah kami lebih dikenal di luar sana,” lanjutnya.